Belajar Menumbuhkan Growth Mindset dalam Hidup

Growth Mindset. (Ilustrasi: Canva)

Like

Mungkin sebagian orang masih bingung apa arti dari growth mindset, atau mungkin Be-emers sudah sering mendengar istilah dari growth mindset?

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan growth mindset? Apakah arti dari growth mindset sendiri dapat membuat orang benar-benar menjadi sukses?

Secara sederhana, growth mindset berarti sebuah keyakinan yang ada dalam diri seseorang untuk bisa berkembang dengan keterampilan dan kecerdasan yang dapat dipelajari dan diusahakan.

Seseorang yang memiliki growth mindset lebih suka mencoba hal baru dan menjadikan kegagalannya sebagai pelajaran dan peluang agar dapat lebih berkembang.
 

Manfaat Growth Mindset


Memiliki growth mindset menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang dalam hidup. Mereka yang memiliki growth mindset, lebih mungkin mempunyai motivasi yang tinggi, optimis, dan jauh lebih bisa menikmati tantangan dalam hidup dengan pantang menyerah


Baca Juga: Tetap Stylish Meskipun Hidup Minimalis ala Raditya Dika

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang dapat dimiliki oleh mereka yang mempunyai growth mindset, diantaranya;
  1. Lebih percaya diri
  2. Dapat mengambil keputusan dengan tepat
  3. Lebih bisa menghargai orang lain
  4. Dapat memecahkan masalah dengan mudah
  5. Dapat belajar skill baru
  6. Mendapatkan kesempatan baru
  7. Mudah untuk menerima feedback
Dan masih banyak manfaat positif lainnya bagi mereka yang mempunyai pola pikir berkembang.
 

Cara Mengasah atau Melatih Growth Mindset


Tidak ada yang namanya terlambat jika ingin mengubah suatu kebiasaan baik. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar dapat mengasah atau melatih growth mindset kamu
 

1. Berhenti Cari Validasi


Growth mindset sangat berkaitan erat dengan pikiran. Self acceptance dan mulai belajar mencintai diri sendiri bisa membantu kamu untuk dapat selalu berpikiran positif dan percaya bahwa kamu dapat menjadi lebih baik.

Stop untuk mencari validasi kamu dari orang lain karena hal tersebut dapat menghalangi kamu untuk berkembang, dan yang dibutuhkan hanyalah approval dari diri sendiri.
 

2. Hilangkan Pemikiran Fixed Mindset


Masih banyak orang yang memilih untuk memiliki fixed mindset. Untuk yang satu ini kamu dapat mencoba untuk mengubah yang tidak bisa menjadi bisa selama kamu mencoba dan berusaha lebih keras.
 

3. Hadapi Tantangan yang Datang


Untuk memiliki growth mindset, kamu harus siap menghadapi tantangan apapun yang datang dengan penuh keberanian dan percaya diri.

Jika mulai merasa takut, coba untuk mengalihkan pikiranmu menjadi lebih positif karena kamulah yang akan menjadi history maker untuk diri kamu sendiri.
 

4. Perhatikan Pikiran dan Ucapanmu


Hal yang tak kalah penting dalam mengasah atau melatih growth mindset adalah tetap menjaga pikiran dan ucapan kamu selalu positif.

Baca Juga: Pengusaha Sukses Melakukan Growth Mindset

Semua yang benar, semua yang adil, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang patut dipuji, pikirkanlah semua ini yang dapat menjadikan kamu sebagai pribadi yang lebih positif.
 

5. Menerima Kegagalan


Pernah mendengar istilah kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda, atau kegagalan merupakan guru terbaik dalam hidup?

Kegagalan sendiri dapat menjadikan kamu untuk lebih berhati-hati kedepannya, dan mungkin saja dapat membuat kamu berhasil asalkan kamu mau belajar dan menerima kegagalan tersebut sebagai langkah awal untuk kamu bertumbuh menjadi lebih baik dan lebih kuat lagi.

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.