Beberapa Taipan China Menghilang Misterius, Kok Bisa?

Instagram/bisnis.muda.id

Like

China adalah negara yang besar dan terkenal akan skala produksi yang besar. Ada banyak pabrik di negara itu dan ada banyak konglomerat atau taipan di sana. Tapi ada beberapa taipan China yang menghilang misterius.

China merupakan negara dengan kondisi ekonomi berkembang sangat pesat di era globalisasi. Pertumbuhan ekonomi yang pesat itu didukung oleh banyaknya pebisnis di banyak sektor seperti Jack Ma yang berhasil membangun perusahaan ritel terbesar di Asia pada masanya yaitu Alibaba Group.
 

Taipan China Menghilang Misterius


Namun, di tengah pertumbuhan ekonomi tersebut beberapa pengusaha berikut ini sempat menghilang tidak diketahui keberadaanya.
 

1. Jack Ma


Jack Ma adalah pengusaha kaya China yang terkenal dengan Alibaba. Jack Ma merupakan salah satu orang paling kaya di China dan pendiri perusahaan e-commerce terbesar di China yaitu Alibaba Group.

Baca Juga: Intip Rahasia Sukses Investasi Ala Jack Ma


Pada akhir 2020 hingga awal 2021 Jack Ma sempat hilang tidak diketahui keberadaanya setelah sebelumnya sempat tampil di depan umum pada KTT Shanghai dan mengkritik pemerintah China karena menghambat inovasi.

Saat itu keberadaan Jack Ma tidak pernah diketahui dan Alibaba pun tak mau berkomentar. Dilansir dari Bloomberg, baru ini beredar foto-foto Jack Ma yang muncul di sebuah hotel di Australia. Namun keaslian foto tersebut masih dipertanyakan banyak pihak.
 

2. Guo Guangchong


Guo Guangchong adalah seorang pebisnis sekaligus investor ternama di daratan China. Menurut 2019 China Rich List buatan Hurun Report, Guo merupakan orang terkaya ke-45 di China.

Saking terkenalnya, Guo sering kali disebut sebagai Warren Buffett dari China karena memiliki perusahaan dengan nilai aset mencapai senilai US$115 miliar. 

Pada Desember 2015, Guo Guangchang dikabarkan menghilang tidak diketahui keberadaanya. Sebuah postingan sosial media mengklaim sebelum dirinya hilang para saksi melihat Guo dibawa pergi oleh polisi di bandara Shanghai.
 

3. Ren Zhiqiang


Ren Zhiqiang merupakan mantan pengusaha di salah satu sektor yang paling cuan di China yaitu real estate. Saking menguntungkannya, Ren ditaksir memiliki gaji hingga 7,7 juta yuan atau sekitar US$1,04 juta.

Ren Zhiqiang juga aktif sebagai blogger di Sina Weibo dengan julukan "Big Gun Ren". Ren terkenal karena sering mengkritik kebijakan Partai Komunis China. Pada awal 2022, Ren dilaporkan hilang setelah menerbitkan esai online yang mengecam penanganan pandemi Covid-19 oleh pemerintah China.
 

4. Xiao Jianhua


Xiao Jianhua adalah seorang pengusaha dan miliarder China-Kanada yang dikenal karena mengelola aset untuk keturunan pemimpin penting di negeri China. 

Baca Juga: China Buka Ekonominya Kembali, Harga Minyak Langsung Naik

Pada Januari 2017, Xiao dilaporkan dibawa dari Hotel Four Season di Hong Kong dengan kursi roda dengan kepala tertutup (padahal dia diketahui tidak menggunakan kursi roda); kemudian dia dibawa melintasi perbatasan ke daratan China.
 

5. Bao Fan


Baru-baru ini, Bao Fan, kepala eksekutif China Renaissance Holdings dilaporkan hilang dan tidak dapat dihubungi menurut perusahaan tempat dia bekerja. 

Bao Fan juga merupakan tokoh utama dalam industri teknologi dan telah memainkan peran strategis dalam kemunculan berbagai startup Internet di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Sampai saat ini kabar keberadaan Bao tidak bisa diketahui serta saham perusahaannya telah anjlok lebih dari 30 persen.

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!


 

Instagram/bisnis.muda.id