Sundul Gan, Deretan Artis Ini Jadi Pemilik Klub Bola!

Raffi Ahmad, Rans Cilegon FC (Foto: Rans Entertainment)

Raffi Ahmad, Rans Cilegon FC (Foto: Rans Entertainment)

Like

Saat ini kepemilikan klub bola di Indonesia mulai bervariasi tidak hanya dari kalangan profesional olahraga saja. Berikut adalah daftar artis yang jadi pemilik klub bola di Indonesia.

Sepak bola nampaknya sudah menjadi bisnis bagi sebagian orang di Indonesia. Apalagi kalangan orang-orang berduit. Beberapa waktu belakangan bisnis sepak bola menjadi ladang yang cukup digemari.

Muncul klub-klub bola yang dirombak atau rebranding jadi lebih modern dan fresh. Ini seiring dengan minat masyarakat Indonesia pada sepak bola yang semakin meningkat pasca pandemi Covid-19

Bisnis sepak bola ternyata juga menarik perhatian kalangan artis. Meski dinilai jauh dari dunia olahraga apalagi sepak bola, artis-artis ini masuk ke bisnis sepak bola dengan cara membeli klub dan menjadi pemiliknya. 
 

Artis yang Jadi Pemilik Klub Bola


Siapa saja artis yang juga menjadi pemilik klub bola? Ini daftar rangkumannya dari Bisnis.com.


Baca Juga: Ini Daftar Saham Klub Bola yang Bisa Kamu Koleksi dan Jadikan Investasi!
 

1. Raffi Ahmad


Bisa dibilang Raffi Ahmad jadi pelopor para artis terjun di bisnis sepak bola. Klub bola yang dibeli pria berusia 35 tahun ini adalah Cilegon United. Secara resmi ia membeli Cilegon United pada tahun 2021. 

Rabu 31 Maret 2021 klub Cilegon United mengeluarkan pernyataan resmi bahwa klubnya telah diakuisisi oleh Rans Entertainment, perusahaan milik Raffi dan istrinya. Rencananya Raffi Ahmad juga akan membentuk Akademi Sekolah Sepak Bola (SSB) Harapan.
 

2.  Kaesang Pangarep


Meski bukan sepenuhnya artis, Kaesang Pangarep jadi salah satu tokoh terkenal Indonesia. Selain karena orang tuanya, ia juga terkenal melalui media sosialnya. Pada 2021 ia memutuskan membeli klub Persis Solo.

Persis Solo adalah klub kebanggaan warga Solo yang juga menjadi kampung halaman Kaesang. Kaesang mengakuisisi 40 persen saham Persis Solo bersama Direktur PT Plevia Makmur Abadi, Kevin Nugroho dengan kepemilikan 30 persen saham. 
 

3. Atta Halilintar


Atta Halilintar mengakuisisi klub bola di tahun yang sama dengan Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep. Ia mengakuisisi klub bola PSG Pati yang kemudian namanya diubah jadi AHHA PS Pati.

Namun klub bola tersebut berpindah home base sehingga namanya berganti lagi menjadi Bekasi FC. Pergantian nama tersandung masalah HAKI sehingga klub bolanya berganti nama lagi menjadi FC Bekasi City. 

Baca Juga: Boyong Ronaldo, Al-Nassr Cuan Rp2,4 T dari Jual Jersey 48 Jam!
 

4. Gading Marten


Artis berusia 40 tahun ini mengakuisisi klub bola Persikota Tangerang pada 2021 dan sudah mencapai kata sepakat. Namun kesepakatan itu terhalang kondisi internal klub sehingga harus batal. 

Namun di akhir 2021 ia langsung menjadi Wakil Presiden Direktur Marketing Persik Kediri. Klub ini adalah klub bola kebanggaan warga Kediri, Jawa Timur.
 

5. Prilly Latuconsina


Jadi satu-satunya artis perempuan pemilik klub bola, Prilly Latuconsina mendeklarasikan dirinya sebagai pemilik klub bola Persikota Tangerang. Klub bola tersebut dipilihnya karena dianggap memiliki potensi untuk maju ke Liga 2 dan bahkan Liga 1.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.