Baguette Hingga Croissant, Ini Kisah Dari Populernya Roti Prancis!

Croissant (sumber gambar: delicious.com.au)

Like

Roti Prancis, juga dikenal sebagai baguette menjadi salah satu satu makanan paling ikonik. Popularitasnya telah menyebar jauh melampaui batas negara dan sekarang dinikmati di seluruh dunia. Namun apa kisah unik dibalik kepopuleran roti Prancis?

Sejarah roti Prancis dapat ditelusuri kembali ke abad ke-18 ketika pemerintah Prancis mengeluarkan undang-undang yang melarang pembuat roti bekerja sebelum jam 4 pagi. Artinya, pembuat roti harus membuat roti yang bisa dipanggang dengan cepat. 

Mereka tidak punya banyak waktu di pagi hari untuk menyiapkannya. Hal ini menyebabkan terciptanya baguette yang panjang dan tipis, yang dapat dipanggang dengan cepat dan mudah.
 

Popularitas Roti Prancis


Baca Juga: Ini 10 Wanita Terkaya di Dunia, yang Paling Kaya Berasal dari Prancis

Faktor lain yang berkontribusi pada popularitas roti Prancis adalah pengembangan oven uap. Oven ini memungkinkan pembuat roti memanggang roti dengan kerak yang renyah dan bagian dalam yang lembut dan lapang, yang merupakan tekstur khas baguette.


Popularitas roti Prancis juga tumbuh sebagai akibat hubungannya dengan gaya hidup Prancis. Di Prancis, roti dipandang sebagai makanan pokok dan merupakan bagian penting dari setiap makanan.

Baguette menjadi simbol budaya dan gaya hidup Prancis, dan segera diadopsi oleh negara lain sebagai cara untuk menambahkan sentuhan kecanggihan Prancis pada masakan mereka sendiri.

Selain signifikansi budayanya, roti Prancis juga menjadi populer karena keserbagunaannya. Ini bisa dimakan sendiri, digunakan sebagai sandwich atau bahan dasar bruschetta, dan bisa dipasangkan dengan berbagai macam keju dan daging.

Rasanya yang sederhana dan bersahaja juga menjadikannya pendamping yang sempurna untuk berbagai hidangan yang berbeda.

Terakhir, popularitas roti Prancis juga dapat dikaitkan dengan hasrat Prancis akan bahan-bahan berkualitas dan produksi artisanal. Pembuat roti Prancis sangat bangga dengan roti yang mereka hasilkan, dan mereka hanya menggunakan bahan-bahan terbaik, termasuk tepung, ragi, dan garam berkualitas tinggi.

Baca Juga: Masih Diminati, Yuk Intip Peluang Cuan dari Roti Kopi

Perhatian terhadap detail dan dedikasi terhadap kualitas ini telah membantu mengangkat roti Prancis ke status sebuah bentuk seni. 

Kalian pernah makan roti Prancis Be-emers? Pernah makan yang jenis apa nih? Komen di bawah ya!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.