Apakah Emas jadi Investasi Terbaik Tahun 2023?

Investasi emas di 2023. (Ilustrasi: Canva)

Like

Emas jadi instrumen investasi favorit sejak dulu kala karena risikonya relatif rendah dan pergerakannya cenderung naik. Di tahun 2023 yang penuh gejolak ekonomi ini apakah investasi emas menjadi yang terbaik?

Selain sifatnya yang kuat, emas memang selalu memikat banyak orang karena sering dijadikan simbol mulai dari kasih sayang hingga kesuksesan. 

Dari zaman keemasan hingga masa-masa yang tidak pasti saat dampak Covid mulai terasa pada Agustus 2020, harga emas naik ke level tertinggi sepanjang masa di US$2.072,85, mengalahkan rekor tertinggi sebelumnya di US$1.924,77 di tahun 2011. 

Sebagian besar dunia pulih dari pandemi dan inflasi mulai menggigit, pada Mei 2022, suku bunga riil berubah menjadi positif, yang mengakibatkan larinya uang dari aset berisiko ke dolar AS. 

Hal ini menyebabkan aksi jual emas, yang menyebabkan level terendah 18 bulan dan bertepatan dengan periode ketika Fed AS melepaskan kenaikan suku bunga dan China dicengkeram oleh gelombang Covid. 


Tapi karena tekanan inflasi menjadi kurang mengancam, menyebabkan kenaikan yang lebih kecil, emas memulai perjalanan pemulihannya.
 

Emas Menguat


Mengutip dari Financial Express, di minggu lalu harga emas melonjak menjadi lebih dari US$2.000 karena kekhawatiran atas krisis perbankan yang lebih luas. Investor mempertimbangkan emas dibandingkan dolar AS. 

Baca Juga: Tips dan Cara Terbaik untuk Membeli Emas!

Emas dan logam mulia lainnya terus menguat selama tiga minggu terakhir, mengharapkan pengetatan kebijakan yang lebih mudah untuk sisa tahun ini. 

Sejak saat itu, emas mengalami beberapa koreksi menyusul kenaikan terbaru Fed yang juga mengisyaratkan bahwa beberapa kenaikan lagi akan terjadi. Dalam hal ini, emas mungkin tetap tidak stabil. Selama 12 bulan terakhir, emas juga mengungguli indeks utama seperti S&P 500.

Krisis perbankan tak terduga yaitu keruntuhan tiba-tiba Silicon Valley Bank pada 10 Maret telah meningkatkan kemilau emas. Investor mulai banyak yang beralih ke emas.
 

Bagaimana Kemilau Emas Sepanjang 2023?


Pernyataan dari Financial Express menyebutkan untuk tahun 2023, prediksinya lebih optimis. Meskipun beberapa ketidakpastian global dan lemahnya permintaan dari China akan bertahan di tahun 2023, emas dapat menyaksikan kenaikan tajam nilainya. 

Emas juga dapat menemukan lebih banyak permintaan dari bank sentral yang telah menunjukkan minat yang cukup besar pada tahun 2022, terutama menjelang periode Oktober-Desember. 

Baca Juga: 3 Alasan untuk Investasi Emas di Tahun 2023!

Bank sentral China adalah pembeli utama, setelah mengumpulkan 1.448 ton antara tahun 2002 dan 2019. Di sisi lain, jika dunia bergerak cepat ke dalam resesi, emas mungkin masih memiliki dampak positif. Jika tren ini berlanjut, emas dapat mencapai level tertinggi sebelumnya di tahun 2023.

Emas masih merupakan kelas aset yang lebih baik: Investor harus memahami bahwa stabilitas emas jangka panjang memang merupakan kekuatan terbesarnya dan tetap menjadi lindung nilai terbaik terhadap inflasi dan dalam kondisi pasar yang bergejolak.

Emas dapat mengimbangi investasi berisiko dalam portofolio. Meskipun strategi multi-aset sangat penting, alokasi asetjuga harus bergantung pada tujuan keuangan, toleransi risiko, dan durasi investasi.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung