Ngecas HP di Tempat Umum Bisa Kena Juice Jacking! Apaan Tuh?

Ngecas, kegiatan mengisi daya handphone (Ilustrasi: Canva)

Like

Pasti kita semua pernah ngecas handphone di tempat umum minimal sekali. Ternyata ngecas handphone di tempat umum bisa berakibat kena juice jacking! Apa sebenarnya juice jacking itu?

Saat ini kita memang sudah memasuki era yang serba digital, jadi keberadaan teknologi sangat penting bagi masyarakat saat ini. Enggak heran sekarang kemana-mana orang pasti membawa gadget.

Tapi, namanya juga gadget, perangkat elektronik yang butuh daya atau baterai agar tetap hidup. Jadi gadget bisa mati sewaktu-waktu kalau baterainya sudah habis. 

Untungnya saat ini banyak tempat umum yang menyediakan stopkontak agar orang-orang bisa mengisi baterai gadget sesuai kebutuhan. 

Sekilas ini jadi sebuah kemudahan yang menguntungkan masyarakat ya Be-emers. Tapi ternyata ada kerugian di balik ngecas di tempat umum ini lho. 


Saat kamu sembarangan ngecas di tempat umum, kamu bisa kena juice jacking lho!

Baca Juga: Punya Aset Kripto? Lakukan Ini Agar Aman Dari Hacker


Apa Itu Juice Jacking?


FBI belum lama ini memperingatkan tentang bahaya asal ngecas di tempat umum. Itu disebabkan hacker bisa saja meretas charging station atau sudut ngecas umum untuk menanamkan malware.

Malware ini bisa menginfeksi semua perangkat yang pernah terhubung di charging station tersebut. 

"Hindari menggunakan charging station gratis di bandara, hotel, atau pusat perbelanjaan," kata FBI Denver melalui cuitannya di Twitter, Rabu (12/4/2023).

Metode yang dilakukan hacker ini adalah juice jacking. Hacker memodifikasi outlet USB dan memasang kode berbahaya untuk membaca dan mencuri data dari perangkat yang tercolok. 

Enggak cuma membaca dan mencuri data, malware yang ditanam hacker bahkan bisa melacak lokasi pengguna. Serem banget tiba-tiba didatangi orang enggak dikenal ya Be-emers.

Juice jacking lebih berisiko terjadi jika menggunakan kabel USB yang sudah disediakan di charging station. Tapi enggak menutup kemungkinan pengguna yang menggunakan kabel sendiri aman karena hacker tetap bisa membobolnya.

Baca Juga: Waspada Hal-Hal Kecil yang Bisa Jadi Celah Hacker untuk Curi Data Kamu!


Cara Menghindari Juice Jacking


Agar kita terhindar dari juice jacking, hal utama yang harus kita lakukan adalah menghindari ngecas di tempat umum. Lebih baik menggunakan powerbank.

Namun jika terpaksa mengisi baterai di charging station, gunakan kabel milik sendiri dan tidak berbagi dengan pengguna lainnya. 

Saat ngecas di charging station pastikan ada atau tidak permintaan persetujuan yang tiba-tiba muncul. Jika ada harus baca dengan cermat dan jangan pernah disetujui.

Permintaan persetujuan biasanya akan bisa membuat hacker melihat isi galeri, kata sandi, gps, dan lainnya.

Jujur jadi was-was ya mau ngecas di tempat umum. Saranin powerbank yang bagus dong Be-emers di kolom komen!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.