4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Pensiun!

Ilustrasi rencana pensiun (Canva)

Like

Orang-orang yang telah pensiun mengatakan bahwa mereka ingin diberitahu hal-hal ini sebelum pensiun. Ini adalah hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum pensiun.

Pensiun menjadi lembaran baru dalam kehidupan seseorang. Ada yang menyambutnya dengan sukacita, tapi ada juga yang tidak ingin segera melangkah ke dalamnya.

Di Indonesia sendiri pensiun sudah ada aturannya, khususnya untuk pekerja di lembaga pemerintah. Sehingga orang-orang sudah bisa mempersiapkan masa pensiun sejak jauh-jauh hari. 

Namun, tetap saja saat masa pensiun datang banyak orang yang merasa persiapan kurang matang dan seharusnya ada hal-hal yang diketahui sebelum masa pensiun.


Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pensiun


Mengutip dari AARP, hal-hal di bawah ini adalah hal yang ingin diketahui pensiunan sebelum mereka pensiun.


Baca Juga: Mau Pensiun Nyaman? Ini 5 Cara Mengalokasikan Dana Pensiun Selain Ditabung


1. Bayar utang kartu kredit sebelum pensiun


Satu hal yang pasti tidak ingin dibawa orang-orang saat pensiun adalah hutang. Sebelumnya memang memiliki pendapatan tetap, tapi saat pensiun pendapatan menjadi tidak tetap kecuali mendapat uang pensiun bulanan.

Salah satu utang yang harus diselesaikan utama adalah utang kartu kredit karena suku bunga kartu kredit terus meroket. Meskipun setelah pensiun bisa saja mencicil utang tersebut, namun bukanlah ide yang bagus karena bunganya bisa tidak tetap.


2. Pertimbangkan rekening tabungan kesehatan


Semakin bertambahnya usia, perawatan kesehatan menjadi semakin penting dan semakin menyedot banyak uang. Sehingga penting sekali untuk memiliki tabungan kesehatan. Lebih bagus lagi jika sudah memiliki asuransi kesehatan.

Tabungan kesehatan hari tua harus dibangun sejak jauh-jauh hari. Tidak bisa hanya dalam waktu 1-2 tahun. Jika bank memiliki program tabungan kesehatan, lebih baik mengikuti program tersebut karena biasanya lebih menguntungkan dan didesain untuk tabungan kesehatan. 


3. Tidak semua orang punya waktu untuk kita


Bisa dipastikan saat pensiun kita akan memiliki banyak waktu sendiri dan biasanya itu membuat kita kesepian. Sekitar 3 dari 5 orang dalam penelitian Transamerica Center ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman dalam rencana setelah pensiun.

Baca Juga: Intip Alasan Pentingnya Mulai Mempersiapkan Dana Pensiun Sedari Muda

Tapi, tidak semua teman memiliki rencana yang sama. Bisa saja mereka sudah memiliki agenda setelah pensiun yang penting. Keluarga dan anak-anak memiliki pekerjaan yang harus dijalani. Jadi, tidak bisa terlalu berharap pada mereka juga.


4. Akan ada rasa perlu atau ingin bekerja


Setelah bertahun-tahun melakukan rutinitas yang sama yaitu bekerja, aktivitas tersebut telah melekat dalam diri. Meskipun telah dipersiapkan sedemikian rupa, bekerja yang telah jadi aktivitas melekat akan dirindukan juga. 

Selain itu, menurut survei Goldman Sachs tahun 2022, 51 persen pensiunan mengatakan pendapatan mereka saat ini kurang dari setengah pendapatan sebelum pensiun. Itu membuat pensiunan merasa perlu bekerja untuk menambah pendapatan.

Semoga dengan ini kita bisa mempersiapkan masa pensiun dengan sebaik-baiknya ya, Be-emers!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung