Intip Alasan Pentingnya Mulai Mempersiapkan Dana Pensiun Sedari Muda

Kesiapan dana pensiun dapat menjaga alur finansial keluarga tetap sehat (Sumber gambar: Freepik)

Kesiapan dana pensiun dapat menjaga alur finansial keluarga tetap sehat (Sumber gambar: Freepik)


Hai Be-emers, topik bahasan kita pada kali ini sangat menarik lho. Yap, tentang dana pensiun.

Sebelum melangkah lebih jauh, kalian perlu tahu dulu nih apa yang sebenarnya dimaksud dengan dana pensiun. Jadi, dana pensiun adalah bagian dari asset atau uang yang dipunyai oleh seseorang dengan tujuan untuk digunakan sebagai penunjang hari tua ataupun ketika sudah memutuskan untuk tidak bekerja secara produktif lagi.

Ternyata, dana pensiun ini memegang peran yang sangat krusial lho Be-emers. Dengan adanya dana pensiun, kita tentu akan memiliki jaminan yang lebih atas kehidupan finansial yang kita jalani.

Selain itu, dengan adanya dana pensiun, kita pun nantinya dapat menjadi seseorang yang lebih siap dan mandiri dalam menanggung setiap kebutuhan di hari tua atau ketika sudah tidak bekerja secara produktif. Beberapa kebutuhan yang dapat ditutup dari terkumpulnya dana pensiun antara lain adalah dana kebutuhan hidup, dana kesehatan, hingga dana hiburan.

Baca Juga: Menyiapkan Dana Darurat dan Pensiun Sejak Muda, Gimana Caranya? Yuk, Simak Tips dari Dinda NM


 

Dana pensiun berdampak terhadap kemandirian di masa mendatang

Dana pensiun berdampak terhadap kemandirian di masa mendatang (Sumber gambar: Freepik)


Nah, sekarang kita sudah tau nih Be-emers, bahwa dana pensiun ternyata sangat berperan besar ya dalam kehidupan kita. Maka dari itu, sebaiknya kita mulai mempersiapkan dana pensiun tersebut sejak kita masih muda.

Lalu, kenapa sih kita semestinya mulai mempersiapkannya ketika muda? Yuk, simak jawabannya di bawah ini!
 

Alasan Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun Sedari Muda

1. Lebih Matang dan Terencana

Mempersiapkan dana pensiun sejak muda membuat tujuan dan kehidupan finansial kita menjadi lebih terencana. Dengan mengetahui pentingnya kesiapan dana pensiun di masa mendatang, kita tentu akan mulai menyusun setiap rencana yang hendak dilakukan untuk mencapai target dana pensiun yang sekiranya kita butuhkan di usia tertentu.

Dari situ, secara otomatis hasil dari dana pensiun yang telah dipersiapkan dari masa muda tentu akan menjadi lebih matang dan maksimal untuk digunakan.   
 

2. Sisi Produktif dan Kesehatan Masih Sangat Memadai

Sebagian besar orang muda umumnya tentu masih memiliki sisi produktivitas kerja yang sangat tinggi dan juga kondisi kesehatan yang masih memadai dibandingkan dengan seiring bertambahnya umur seseorang. Apabila kita dapat memanfaatkan hal tersebut, maka income yang dapat kita peroleh tentu saja sangat berpeluang untuk menjadi lebih maksimal.

Situasi ini akan berdampak positif bagi berjalannya alur finansial yang kita miliki. Salah satunya adalah mempunyai dana yang lebih besar untuk dialokasikan sebagai persiapan dana pensiun.

Sebaliknya, apabila kita menunda-nunda mempersiapkan dana pensiun sejak muda, maka kita tidak tau apakah di umur kita yang makin bertambah itu tetap mempunyai produktivitas kerja dan kesehatan yang lebih baik dibandingkan di masa muda?

Jawbannya, belum tentu. Maka dari itu, manfaatkanlah masa muda kalian dengan sebaik mungkin ya Be-emers.    

Baca Juga: Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini, Ini yang Perlu Diperhatikan
 

3. Efektivitas Waktu

Dengan mulai mempersiapkan dana pensiun sedari muda, maka kita juga akan diuntungkan dari segi efektivitas waktu, terutama waktu di kemudian hari. Apabila kita memulainya sejak muda, maka peluang terkumpulnya dana pensiun kita dapat menjadi lebih singkat.

Di saat itu, beban kita tentu saja akan berkurang. Bahkan, di kemudian hari, kita dapat mempunyai waktu yang lebih banyak untuk menjalani aktivitas-aktivitas yang kita sukai tanpa terlalu memikirkan beban kehidupan finansial yang harus ditanggung. Wah, mengasyikan sekali ya Be-emers!

Nah, itulah kira-kira beberapa alasan tentang pentingnya untuk memulai mempersiapkan dana pensiun kita sejak muda. Selain dapat menjadi lebih mandiri dan tidak menyusahkan orang lain di kemudian hari, dengan adanya kesiapan dana pensiun juga dapat membuat kita lebih dekat dengan setiap hal yang kita sukai, misalnya saja hobi.

Maka dari itu, manfaatkanlah kelebihan masa muda kalian dengan baik ya Be-emers!



Editor: Rachma Amalia