Mengenal Achmad Zacky yang Besar Bersama Dunia IT Hingga Menjadi Penguat Dunia Bisnis di Indonesia

Achmad Zaky (Foto: wikimedia.org)

Like

Siapa yang tidak kenal dengan Bukalapak? Mengenal Bukalapak, perlu juga kita mengenal perintis dari platform online marketplace terkemuka di Indonesia ini, yaitu Achmad Zacky.

Lahir pada 24 Agustus 1986 di Sragen, lelaki yang akrab disapa Zacky ini ternyata memang sudah mengenal dunia teknologi sejak sekolah dasar. Saat kecil Zacky telah dibelikan komputer dan berbagai buku menegnai pemrograman oleh pamannya.
 

Cemerlang di bidang akademik dan IT

Hasil kedekatannya sejak dini dengan dunia komputer ternyata membuahkan prestasi yang gemilang dalam perjalanan hidupnya. Dikutip dari Wikipedia, saat duduk di bangku SMA, Zacky dapat mengharumkan SMA-nya karena ia berhasil memenangkan Olimpiade Sains Nasional di bidang komputer hingga tingkat nasional.

Zacky memang bisa dibilang sangat menonjol di bidang akademis. Ketika berkuliah di jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung, ia berhasil dengan status cumlaude, mendpatkan beasiswa di Oregeon State University dari pemerintah Amerika Serikat, dan juga mewakili ITB dalam ajang Harvard Model United Nations 2009.

Selain di bidang akademis, Zacky juga aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan. Melakui keterlibatannya di organisasi membuat Zacky mulai terlibat dengan dunia bisnis dengan menjadi salah satu pendiri Enterpreneur Club ITB.

 

Gagal saat awal usaha, tidak memutuskan semangatnya

Ketertarikan Zacky kepada dunia bisnis mulai terlihat ketika berkuliah. Ternyata, perjalanan Zacky di dunia bisnis tidak semulus perjalanannya di dunia akademis. Ketika awal berbisnis dengan teman-temannya lewat usaha mie ayam, mereka mengalami bangkrut hingga menghabiskan seluruh uang hasil menangnya dari lomba.


Namun, kegagalannya tersebut justru menjadi batu loncatannya untuk membuka lebih luas adanya peluang koloborasi dunia IT dengan dunia bisnis yang masih terbuka lebar. Zacky mengamati perkembagan tren dalam masyarakat Indonesia yang mulai senang bermain media sosial dan juga mulai muncul toko-toko online.
 

Merintis Bukalapak melalui harapannya

Pada tahun 2010, Zacky mulai merintis Bukalapak sebagai marketplace online yang dapat memberikan manfaat bagi masyarkaat Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya. Berkat Bukalapak, Zacky dan rekan-rekannya bisa memberdayakan berbagai UKM di seluruh Indonesia untuk terus mengembangkan bisnis mereka.

Hingga tahun 2011 saja sudah ada 10.000 pedagang yang bergabung di Bukalapak. Perkembangan Bukalapak yang pesat ini tentu jadi menarik banyak investor yang menanamkan modal di Bulalapak, diantaranya 500 Startups, Batavia Incubator, IMJ Investment, dan Elang Mahkota Teknologi Tbk.

Berkat ketekunannya dalam mengembangkan Bukalapak, kini Bukalapak telah menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia. Bahkan Zacky telah menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya di tahun 2016 oleh Presiden Joko Widodo sebagai penghargaan negara atas jasanya yang telah menjadi teladan bagi banyak orang.

Tekad Zacky yang kuat ternyata memang membuahkan hasil yang manis bagi dirinya dan juga masyarakat Indonesia. Dengan selalu memegang teguh tujuan untuk membantu banyak orang, kini harapan Zacky telah banyak memberikan dampak bagi ekonomi di Indonesia.