Cara Mengelola Keuangan dengan Baik Kata Raditya Dika 

Cara mengelola keuangan dengan baik (Format: pixabay.com)

Like

Raditya Dika, seorang pria kelahiran Jakarta, 28 Desember 1984. Saat ini ia berusia 35 tahun. Kiprah Raditya Dika berawal dari akun Twitter dan bukunya yang viral. 

Raditya Dika dikenal sebagai seorang penulis yang cerdas dan jenaka. Ia juga berkecimpung dalam dunia entertainment dan menjadi seorang mentor dan pelawak. 

Faktanya, meskipun ia seorang penulis dan pelawak, Raditya Dika mengenyam pendidikan S1 di University of Adelaide. Ia mengambil jurusan Finance. Lalu, melanjutkan S2 di dalam negeri, dengan jurusan Fisip di Universitas Indonesia.

Sosok Raditya Dika ini patut dicontoh oleh anak muda Indonesia. Sukses berkarir karena mengikuti hobinya, ada banyak hal yang patut dipelajari dari Radit.

Apa saja? Yuk, simak ini dia pesan dari Raditya Dika untuk mengelola keuangan kamu


Fokus Pada Kualitas 

Dilansir dari Bisnis.com, ingin sukses dan pensiun muda? Kamu harus membeli barang yang berkualitas dan memang dibutuhkan. 


Hindari membeli barang yang berguna hanya untuk meningkatkan status sosialmu. Pikirkan terlebih dahulu seberapa lama dan sering kamu akan membutuhkan dan menggunakannya? Jika tidak, maka simpan saja dulu. 


Sisihkan Uang Bulanan

Pastikan kamu menyisihkan terlebih dahulu, sebelum menggunakannya. Ingat juga kata Robert T Kiyosaki, semakin banyak pemasukan biasanya akan semakin banyak pengeluaran. 

Nah, ini tipsnya dari Radit bahwa sisihkan terlebih dahulu. Mungkin untuk keperluan darurat, sehari-hari, transportasi, hingga investasi. Jangan sepelekan investasi, ya! Ini bisa saja menjadi jaminan di hari tua nanti. 


Jangan Berhutang, Bayar Cash

Kalau tidak cukup, berarti tidak untuk membeli barang itu saat ini. Menurut Radit jika mengutang, kamu pasti akan membayar bunga yang biasanya tidak terlalu kamu perhatikan. 

Padahal semakin tinggi harga suatu barang yang kamu beli, maka bunga yang akan kamu bayar juga semakin meningkat. Kebayang enggak ya, jika itu menumpuk gimana? 

Maka, kata Radit simpan saja dulu, kumpulkan, dan bayar saja cash. Ini membuatmu lebih berhemat dan memacu kerja keras. 

Tips lainnya, kamu juga bisa memisahkan tabungan rekeningmu. Jadi, kamu lebih terorganisir nih mengelola keuanganmu! 


Cari Pemasukan Lainnya 

Nah, pemasukan dalam hal ini bisa bersifat vertikal dan horizontal, yah! Vertikal berarti, kamu berinvestasi pada skill dan kemampuanmu. 

Jika horizontal, maka kamu giat untuk mencari sumber-sumber dana atau pundi-pundi lainnya untuk dirimu. Selain mengandalkan gaji bulanan, kamu bisa menyisihkan sebagian uang untuk membuat bisnis, lho!


Belajar Investasi Saham

Sisihkan uang bulanan 10 persen untuk saham, namun pastikan dana darurat dan kepentingan lainnya sudah terisi.

Ingat apa kata miliarder nomor satu Indonesia? Orang kaya selalu mengandalkan investasi saham, bukan deposito bank. 

Meskipun, kata Radit sejak muda kalian bisa menabung dan memasukkannya ke dalam deposito bank. Ingat juga, sedini mungkin kamu punya waktu untuk belajar menguasai pasar saham dengan baik. 


Bayar Pajak dan Berdonasi 

Untuk menjadi warga negara Indonesia yang baik, kata Radit kita harus selalu melakukan kewajiban membayar pajak. Jika menumpuk, tentunya akan menjadi satu hal yang masalah. Lebih baik lakukan daripada menunda.

Lakukan juga kewajiban untuk berdonasi. Saat memberi, kamu tidak akan berkekurangan. Ini kata Radit. 


Investasikan Uang pada Pengalaman, Bukan Barang

Ingat untuk sebaik mungkin mengelola keuangan. Berinvestasi dengan pengalaman, tidak akan membuatmu menyesal. 

Justru, menurut Radit pengalaman adalah pelajaran terbaik untuk kamu, supaya kamu memahami suatu pola dan mampu berkreasi dengan kreatif. 


Komitmen untuk Tidak Boros. 

Merencanakan saja tentu tidak akan membuatmu menjadi kaya. Jadi, jika sudah berkomitmen kata Radit ingat dan jalankan. 

Hidup minimalis bisa membuat melihat segala sesuatu dengan logis dan objektif, lho! Jadi, yuk mulai deh kurang-kurangi kebiasaan hedonnya! 

Jangan lupa untuk mulai belajar investasi pada pengalaman. Wah, rasanya asyik dan excited juga ya, kalau kita harus muda sudah bisa  investasi uang di saham sambil memulai bisnis atau bekerja. 

Kedepannya jika kamu bisa konsisten. Dijamin bakalan bisa sukses dan pensiun di usia yang sangat dini seperti kata Raditya Dika, nih!