Anak Muda Wajib Tahu Biar Enggak Jadi Generasi Benalu!

Ilustrasi Generasi Benalu (Sumber gambar: Canva)

Like

Be-emers, pernah mendengar istilah NEET? NEET atau Not in Education Employment, or Training merupakan gambaran seseorang yang tidak ingin bekerja, tidak ingin menempuh pendidikan, atau pelatihan apapun yang bisa mengikat dirinya.

Dengan kata lain NEET adalah sebutan bagi pengangguran atas pilihan dirinya sendiri. 

Berkaitan dengan fenomena ini, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik yang menyebutkan bahwa di Indonesia ada sebanyak 10 juta penduduk berusia muda yang termasuk ke dalam kategori NEET.

Kebanyakan dari mereka adalah generasi Z atau Gen Z yang menjadi pengangguran karena frustasi lamaran kerjanya terus ditolak.

Penolakan ini tentunya akan berdampak terhadap mental dan kepercayaan diri si pelamar yang akhirnya akan selalu merasa pesimis untuk bisa mendapatkan pekerjaan. 
 

Frustasi dengan keadaan/Canva



Jika dibiarkan terus menerus, maka generasi muda yang merasa insecure ini lama-kelamaan akan menjadi generasi benalu yang menggantungkan kehidupan mereka kepada orang lain tanpa kontribusi timbal balik yang baik.

Maka dari itu, kita bisa membantu mereka dengan melakukan beberapa hal ini. 

Baca Juga: Darurat Pengangguran di Kalangan Gen Z, Ini Penyebab dan Solusinya!

 

1. Memperkenalkan dan Mempelajari Perencanaan Keuangan 

Perencanaan keuangan memang tidak diajarkan secara formal di jenjang pendidikan, namun kita bisa mendapatkan ilmu ini dengan sangat mudah dari beragam platform di masa serba digital seperti sekarang ini.

Mulai dari financial plan bagi pemula sampai dengan yang expert semua tersedia, dan yang paling penting adalah dengan tekad belajar yang tekun dan kuat, dijamin kehidupan keuangan kita akan berjalan dengan baik dan terencana.  
 

kebutuhan dan keinginan, mana yang harus duluan?/Canva


Baca Juga: Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk GenZ!
 

2. Belajar Membedakan Kebutuhan dan Keinginan 

Kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mana yang harus lebih didahulukan agar kondisi keuangan kita tetap sehat dan terencana.

Menahan diri untuk tidak menghambur-hamburkan uang, membiasakan menabung dan belajar mengalokasikan dana ke "pos-pos" yang lebih bermanfaat akan menjadikan kehidupan kamu lebih aman dan terhindar dari perilaku boros. 
 

Upgrade skill untuk hidup lebih baik/Canva