Destinasi Geowisata Unik Asal Purbalingga Ini Wajib Kamu Kunjungi!

Geowisata Goa Lawa di Kabupaten Purbalingga (Sumber gambar : Radar Banyumas)

Like

Apakah Anda mencari destinasi wisata yang menggabungkan keindahan alam dan pembelajaran geologi? Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah menawarkan pengalaman unik yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Kabupaten Purbalingga adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Nama Kabupaten ini sekilas mirip dengan Probolinggo di Jawa timur tapi memiliki pesona yang berbeda.

Purbalingga memiliki luas wilayah 77.764 ha dan dihuni oleh 1.040.109 jiwa (2023). Jika anda ingin rehat sejenak di daerah yang tidak terlalu macet, ingin melihat pemandangan khas pedesaan tetapi mudah mengakses perkotaan, maka berlibur di tempat ini bisa menjadi pilihan yang cocok.

Secara geografis, purbalingga berada pada cekungan yang diapit beberapa rangkaian pegunungan.

Baca Juga: Biar Tetap Eksis, Menparekraf Akan Sulap Pasar Buku Kwitang Jadi Zona Wisata Literasi!


Di sebelah Utara merupakan rangkaian pegunungan (Gunung Slamet dan Dataran Tinggi Dieng), Di sebelah Selatan merupakan Depresi Serayu.

Sehingga melihat pemandangan rangkaian pegunungan, sungai, dan persawahan merupakan hal lumrah bagi warga Purbalingga.

Jika kita melihat dari aspek tersebut, mungkin tidak ada bedanya wisata di kabupaten ini dengan kabupaten lain. Tetapi, ada satu potensi yang belum tentu dimiliki oleh wilayah lain yaitu Geowisata.

Geowisata adalah jenis pariwisata edukatif yang memanfaatkan aspek geologi suatu daerah sebagai potensi wisata.

Jenis pariwisata ini tidak hanya mengajak kita untuk melihat lihat alam tetapi juga belajar sejarah geologi suatu wilayah.

Tentu saja ini akan menjadi wisata yang mengasikan bagi keluarga. Tidak hanya melepas penat, tetapi kita mendapatkan ilmu.