5 Profesi yang Berpeluang Digantikan oleh AI

(Sumber gambar: Pinterest)

Like

ChatGPT diprediksikan akan mengubah cara manusia hidup. Bahkan Google dan Baidu menjadi tertekan oleh teknologi OpenAI ini dan segera mengembangkan pesaingnya.

Ternyata, disisi lain juga AI dinyatakan akan banyak menggantikan pekerjaan manusia yang sekarang ini. Lalu, apa saja pekerjaan tersebut? Mari, kita simak!



5 Profesi yang Diprediksi akan Diganti Oleh AI

1. Profesi Teknologi

Menurut laporan, alat kecerdasan buatan, seperti ChatGPT, dapat menghitung angka dengan tingkat akurasi yang relatif tinggi, yang berarti bahwa alat-alat ini dapat menggantikan peran manusia pada posisi tersebut.
ChatGPT dapat menghasilkan kode dengan lebih cepat dari manusia, yang berarti lebih sedikit orang dapat melakukan pekerjaan semacam coding, data analyst, programmer, dll.

Baca Juga: 3 Profesi yang Punya Peluang Kerja Remote di Perusahaan Luar Negeri


2. Guru

Menurut Pengcheng Shi, dekan di departemen komputasi dan ilmu informasi di Rochester Institute of Technology, ChatGPT sudah dapat dengan mudah bekerja di dalam kelas, di masa depan, guru mungkin saja bukan lagi dalam wujud seorang manusia melainkan komputer dengan teknologi yang canggih seperti AI.


Melansir dari laman cnbcindonesia.com, dia menjelaskan, "Meskipun ada bug dan ketidakakuratan dalam hal pengetahuan, ini bisa dengan mudah diperbaiki. Pada dasarnya Anda hanya perlu melatih ChatGPT."