Bayar Kuliah Pakai Pinjol, Negara Ini Justru Gratiskan Biaya Pendidikan Tinggi!

Tingkat Pendidikan. (Sumber gambar : pinterst)

Like

"Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan" tertuang Pasal 31 Ayat 1 dalam UUD 1945

Bayar kuliah pakai pinjol, mungkinkah jadi solusi untuk biaya pendidikan tinggi? Pendidikan menjadi kebutuhan di zaman saat ini karena persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin tinggi. Oleh sebab itu, setiap orang tentu saja berusaha untuk mendapatkan pendidikan terbaiknya baik itu sebagai orang tua maupun diri sendiri.

Isu terkait bayar UKT pakai pinjol (pinjaman online) memang cukup disayangkan, apalagi dibandingkan dengan negara lain yang justru bersaing untuk memberikan pendidikan tinggi gratis. Diantara negara tersebut adalah sebagai berikut :


5 Negara dengan Pendidikan Tinggi Gratis 

1. Finlandia

Salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, berfokus pada kreatifitas sisw daripada guru seperti di Indonesia.

Baca Juga: Bayar Kuliah Pakai Pinjol: Solusi Cepat atau Beban Baru?

Di sini, orangtua tidak perlu memikirkan sekolah unggulan atau bukan karena semua sekolah dianggap sama, bahkan biaya pendidikan tidak menjadi permasalahan sama sekali karena pemerintah membebaskan semua jenjang pendidikan dari biaya sekolah.


Meskipun demikian, fasilitas yang disediakan juga tidak kaleng-kaleng karena setiap sekolah difasilitasi berbagai ruang yang memadai, ruang olahraga, diskusi, bermain dan lain sebagainya.

 

2. Norwegia

Sebenarnya negara ini tidak sepenuhnya memberikan pendidikan gratis, karena pada tahun 2023 sempat terjadi aksi demo karena pada tingkat perguruan tinggi.

Penyebanya adalah skema pembayaran, namun besarannya sekitar Rp890.000 per semester. Apabila dibandingkan dengan Indonesia angka ini sangat kecil jumlahnya jika dibandingkan dengan fasilitas yang disediakan oleh negara Norwegia sendiri.

Negara ini, masih masuk deretan negara yang membebaskan pendidikan tinggi di jajaran negara dunia.