Bayar Kuliah Pakai Pinjol: Solusi Cepat atau Beban Baru?

Bayar kuliah pakai pinjol jadi trending topik. Pasalnya, di tengah meningkatnya biaya kuliah apakah sejalan dengan kualitas pendidikan yang ditawarkan (Sumber gambar: Freepik)

Bayar kuliah pakai pinjol jadi trending topik. Pasalnya, di tengah meningkatnya biaya kuliah apakah sejalan dengan kualitas pendidikan yang ditawarkan (Sumber gambar: Freepik)

Like

Biaya kuliah yang terus melonjak seringkali membuat mahasiswa dan orang tua kebingungan. Untuk menanggulangi masalah ini, mungkin enggak sih bayar kuliah pakai pinjol bisa jadi solusi?.

Tapi, seiring dengan meningkatnya biaya kuliah, apakah kualitas pendidikan yang kita bayar sebanding dengan harga yang dikeluarkan? Atau mungkin sudah saatnya mempertimbangkan studi di luar negeri?



Bayar Kuliah Pakai (Pinjol) Pinjaman Online: Solusi Cepat atau Beban Baru?

Pinjaman online menawarkan kemudahan: proses yang cepat dan tanpa ribet. Hanya dalam beberapa klik, dana bisa cair untuk membayar biaya kuliah.

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan—bunga tinggi dan kewajiban pembayaran yang bisa menjadi beban berat di masa depan. Sering kali, pinjol hanya menyelesaikan masalah sementara dan tidak menyentuh akar dari masalah biaya pendidikan yang terus meroket.

Baca Juga: 3 Cara Menghindari Bayar Kuliah Pakai Pinjol
 

Kualitas Pendidikan: Apakah Sejalan dengan Biaya?

Dengan biaya kuliah yang semakin mahal, kita tentu berharap kualitas pendidikan juga ikut meningkat. Namun, kenyataannya sering kali tidak sejalan. Kadang, kita merasa uang yang dikeluarkan tidak sebanding dengan fasilitas dan pengalaman yang diperoleh.


Jika dibandingkan dengan universitas luar negeri yang sering menawarkan fasilitas modern dan kurikulum yang relevan dengan perkembangan global, bisa jadi kita perlu berpikir ulang.