Arti Dry Text dalam Bahasa Gaul dan Contohnya

Pengertian dry text dalam bahasa Gaul Anak Jaman Sekarang! (Sumber Gambar: Canva)

Pengertian dry text dalam bahasa Gaul Anak Jaman Sekarang! (Sumber Gambar: Canva)

Like

Perkembangan tren gaya hidup jaman sekarang semakin unik dan beragam setiap harinya. Hal ini juga berkaitan dengan penggunaan bahasa gaul yang semakin banyak bermunculan di kalangan remaja masa kini. Salah satu istilah yang sedang ramai diperbincangkan adalah dry text, apa itu dry text dalam bahasa gaul? Berikut pengertian istilah dry text dalam bahasa gaul.

Istilah ini ada kaitannya dengan pesan singkat atau gaya chatting sehari-hari di kalangan anak muda. Salah satu istilah yang paling sering dibahas di social media adalah ‘dry text’. 
 

Apa itu Dry Text?

Dry text adalah pesan singkat yang digunakan dalam bahasa gaul. Dry text berarti pesan singkat seseorang yang kurang menarik, hambar, bahkan terasa membosankan. Orang-orang yang mengalami dry text biasanya membalas pesan tanpa ekspresi, singkat, hingga teks yang berulang.

Dry text ini sering kali menunjukkan kurangnya antusiasme atau minat dalam percakapan. Hal ini bisa terjadi kalau seseorang sudah kehabisan topik pembicaraan dalam suatu obrolan. 

Contoh Dry Text 

Beberapa contoh chatting yang sering dianggap sebagai dry text, misalnya:
  • “Hmm, ok.”
  • “Iya bagus.”
  • “Sip deh.”
  • “Hehe.”

Baca Juga: Pick Me: Fenomena Bahasa Gaul yang Mengungkap Kebutuhan Akan Perhatian

Eits, tapi enggak semua contoh itu bisa dianggap dry text ya!  Ada beberapa alasan yang bisa terjadi, kalau seseorang membalas pesan chatting secara singkat. 

Ciri-ciri Dry Text dalam Hubungan

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dry text dalam sebuah hubungan:
  • Balasan Singkat dan Umum: Pesan yang hanya terdiri dari satu atau dua kata seperti "Yes," "No," "K," "Fine," "Idk," atau "Wyd".
  • Tidak Mengajukan Pertanyaan: Seseorang yang tidak melanjutkan percakapan dengan mengajukan pertanyaan kembali atau menunjukkan ketertarikan pada topik yang dibahas.
  • Kurangnya Antusiasme: Pesan yang dikirimkan tidak menunjukkan emosi atau minat, misalnya "Oke," "Sip," atau "Hmm".
  • Respons Terlambat dan Singkat: Membutuhkan waktu lama untuk membalas pesan, dan ketika akhirnya membalas, hanya memberikan jawaban yang sangat singkat dan tidak mengundang percakapan lebih lanjut.
  • Menghindari Diskusi Mendalam: Pesan yang tidak mencoba untuk berpartisipasi dalam interaksi yang lebih mendalam dan bermakna.

Dry texting dapat menjadi tanda bahwa seseorang kurang tertarik atau sibuk dengan hal lain, dan penting untuk mengenali tanda-tanda ini agar bisa memahami dan berkomunikasi lebih baik dalam hubungan.


Kalau udah mengalami dry text begini, ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan.