Bayar Kuliah Pakai Pinjol, Negara Ini Justru Gratiskan Biaya Pendidikan Tinggi!

Like

3. Slovenia

Seperti halnya Norwegia, memang tidak sepenuhnya gratis, untuk beberapa wilayah seperti Bosnia, Herzegovina, Montenegro, Kosovo dan lain sebagainya tidak perlu membayar sedangkan untuk negara lain cukup membayar dengan biaya yang sangat terjangkau sekitar $2.100 per tahun. Tentu saja dengan kualitas pendidikan yang sangat baik.

 

4. Jerman

Bukan hanya untuk warga negaranya, jerman juga memberikan pendidikan tinggi gratis untuk warga asing (tution free). Pendidikan di Jerman yang sangat mengunggulkan bidang ilmu pengetahuan teknologi dan mesin yang sangat dibutuhkan di Indonesia.

Baca Juga: Bayar Kuliah Pakai Pinjol: Mungkinkah Kuliah ke Luar Negeri Bisa Jadi Solusi?

Selain itu, pendidikan tinggi gratis di Jerman juga menawarkan banyak pilihan jurusan menarik yang berhubungan dengan kesenian seperti musik. Tentua saja negara di Eropa tidak main-main dalam hal fasilitas meskipun biaya digratiskan.

 

5. Denmark

Selain terkenal sebagai negara yang memiliki kualitas udara terbaik di dunia, ramah lingkungan serta menghargai pengguna sepeda, kuliah gratis di Denmark juga ada bahkan pada sampai jurusan kedokteran pun pemerintah Denmark membebaskan biayanya.


Tidak diragukan lagi untuk fasilitas yang ditawarkan, tentu saja oleh pemerintah setempat disediakan maksimal untuk kepentingan mahasiswa.

Nah Be-emers, bagaimana nih, apa tertarik kuliah di negara-negara tersebut? Tetapi biaya hidup disana memang tidak murah yah Be-emers, coba cari informasi lebih lanjut kalau dibanding-bandingkan ternyata jauh lebih murah dengan fasilitas yang di dapatkan, kenapa tidak?



#Mon-FridayChallengeJuli




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung