Merayakan Kemerdekaan dengan Naik Gunung, Berikut Tipsnya!

Merayakan kemerdekaan dengan naik gunung, ini tips yang bisa kamu lakukan Sumber Gambar : Pexels

Like

17 Agustus merupakan momen bersejarah bagi masyarakat indonesia. Kemeriahan menyambut hari kemerdekaan dengan berkibarnya bendera merah putih serta berbagai macam lomba-lomba untuk menyemarakkan perayaan hari kemerdekaan.

Berbeda lagi dengan Gen Z atau generasi muda yang memilih aktivitas mendaki untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung.

Mereka memilih mendaki gunung dianggap sebagai perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan pada masa penjajahan. Meskipun mendaki, mereka tetap menyemarakkan hari kemerdekaan dengan mengibarkan sang merah putih.

Ketika mendaki mereka juga melakukan upacara serta menyanyikan lagu kebangsaan, sebagai bentuk penghormatan kepada bendera pusaka, sehingga tetap memiliki makna mendaki gunung menjadi lebih bermakna.

Aktivitas mendaki gunung mengajarkan ketekunan, kegigiha, serta memiliki semangat yang tinggi untuk tidak menyerah di tengah jalan. 


Seperti yang tercemin dalam semangat perjuangan para pahlawan dan pejuang kemerdekaan indonesia yang pada masa itu tidak mengenal menyerah dalam mengusir penjajah.

Jadi generasi muda memiliki pilihan mendaki gunung dalam rangka memperingati kemerdekaan, hal ini mencerminkan bahwa semangat juang dalam menggapai puncak.

Lalu, bagaimana tips bagi para pendaki yang ingin mendaki gunung untuk merayakan kemerdekaan indonesia? Berikut tipsnya, agar tidak asal mendaki.

Baca Juga: Pahlawan Favoritku, Tan Malaka: Bapak Republik yang Terlupakan
 

Tips Sebelum Naik Gunung yang Wajib Kamu Pahami

Berikut adalah beberapa tips yang mesti kamu pahami sebelum naik gunung:

Mengetahui kondisi fisik

Sebelum memulai mendaki, hal yang paling utama dilakukan yaitu cek kondisi fisik. Apakah dalam kondisi yang baik? Karena akan mempengaruhi pada aktivitas mendaki. Semakin bugar maka semakin bisa untuk mendaki dengan jalur lebih menantang, 
 

Survei gunung yang akan dipilih

Langkah berikutnya, melakukan survei gunung yang akan dipilih untuk mendaki, mulai menentuka berdasarkan lokasi gunung, ketinggian gunung serta kondisi gunung tersebut. Jika sudah memahami medan gunung yang akan didaki maka akan lebih siap dalam mendaki.