Bisnis Jastip, Produk Laris dan Gimana Sih Sistem Jualannya?

Jastip jadi salah satu ide usaha yang bisa kamu lakukan ketika berpergian keluar negeri.  (sumber gambar: freepik.com)

Jastip jadi salah satu ide usaha yang bisa kamu lakukan ketika berpergian keluar negeri. (sumber gambar: freepik.com)

Like

Pernahkah pembaca mendengar kota Batam? Kota Batam terletak di Provinsi Kepulauan Riau dan berbatasan laut dengan negara Singapura dan Malaysia. Kondisi geografis ini yang menguntungkan bagi sebagian orang.

Bayangkan Singapura dan Malaysia sebagai negara modern dan pusat inovasi dunia dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat Batam. Kondisi tersebut banyak masyarakat Batam yang membuka usaha Jastip.
 
Apa sih Jastip itu? Menurut berbagai sumber yang penulis baca Jastip adalah salah satu jenis usaha berupa jasa menawarkan pembelian barang pada suatu tempat dan mendapatkan keuntungan dari tiap harga barang.

Barang-barang yang ditawarkan pemilik usaha jastip ini biasanya tidak ada di Indonesia atau ada di Indonesia namun harganya tinggi namun akan lebih murah jika dibeli dengan menggunakan Jastip.

Baca Juga: Bea Cukai Batasi Barang Impor, Bagaimana Nasib Jastiper?
 

Bagaimana Cara Kerja Jastip?

Biasanya usaha Jastip memiliki katalog yang dipaparkan di media sosial berupa Instagram, Facebook dan lainnya. Beberapa jastip bahkan memiliki kontak toko atau penjual yang berada di luar negeri untuk memastikan kesedian produk atau produk-produk yang baru diluncurkan.

Jastip mengumpulkan pesanan-pesanan dalam jumlah tertentu, apabila sudah memenuhi kuota jastip akan segera berangkat ke Singapura untuk melakukan pembelian.


Untuk harga ditentukan dengan kesepakatan pembeli semakin sulit dicari maka akan semakin tinggi harga yang diberikan oleh jastip. Namun pembeli dapat melakukan negosisasi dengan Jastip. 
 
Para pelaku usaha Jastip biasanya akan berangkat ke Singapura dengan menggunakan kapal Ferry yang paling awal dan pulang kembali ke Batam dengan menggunakan kapal Ferry terakhir.

Baca Juga: Pengin Mulai Bisnis Jastip? Tips ini Bisa Kamu Coba!

Menggunakan koper besar dan ransel besar biasanya jastip gunakan untuk menyimpan barang-barang titipan pembeli.

Bagusnya di Singapura tersedia jasa penitipan koper dan bagasi yang gratis sehingga pelaku usaha jastip tidak perlu repot-repot membawa barang titipannya kemana-mana.