Pengalaman Mencari Kerja di Jakarta, Ini yang Mesti Kamu Persiapkan!

Mencari pekerjaan di Jakarta tidak semudah yang dibayangkan. Dokumentasi Pribadi

Like

Tidak lama sesudah lulus kuliah, saya memutuskan untuk merantau ke Jakarta. Alasannya, karena Jakarta adalah ibukota negara yang terkenal dengan banyak dan beragamnya jenis pekerjaan.

Ketika berangkat, saya memiliki ekspektasi dan semangat yang tinggi. Saya yakin, kalau saya tidak akan lama menganggur.
 
Saban hari saya mencari iklan dari koran nasional. Setelah itu, saya mulai mengirimkan lamaran ke pekerjaan ke perusahaan di iklan tersebut.

Kenyataannya, tidak sesuai dengan ekspektasi dan yang saya bayangkan.

Ternyata, ada banyak lowongan pekerjaan yang meminta kualifikasi yang sangat tinggi, baik dari segi pengalaman, spesifikasi ketrampilan, serta pendidikan yang lebih tinggi dari pendidikan yang saya miliki.


Memang sangat mengecewakan dan membuat saya terkadang menyerah. Ratusan lamaran kerja sudah saya kirimkan, tetapi jarang sekali yang dipanggil untuk menindaklanjutinya dengan wawancara.

Tetapi, saya pun berpikir, bahwa saya tidak mungkin pulang ke kampung halaman. Malah saya akan bingung mengerjakan hal apa di sana.

Akhirnya, saya memutuskan untuk kembali mengajar. Lantas, saya mengajukan lamaran pekerjaan ke bimbingan belajar yang lagi naik daun saat itu di Jakarta. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Saya diterima mengajar di bimbingan belajar tersebut.

Baca Juga: Lolos Panggilan Kerja, 3 Kiat yang Mesti Dilakukan oleh Fresh Graduate!

Masuk di dunia bimbingan belajar, memang bukan sesuatu yang sulit bagi saya. Karena sewaktu kuliah, saya sudah terbiasa mengajar di beberapa bimbingan belajar.

Hanya ketika meninggal kota tempat saya kuliah, saya sudah berjanji tidak akan menjadi pengajar lagi di Jakarta. Alias, saya merantau ke Jakarta agar dapat beralih ke profesi lain.

Nyatanya, kualifikasi yang berhubungan dengan profesi yang saya inginkan itu tidak mumpuni.

Pengalaman ini, tentu akan menjadi pengalaman berharga bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan, terutama bagi mereka yang sedang kuliah, yang kelak akan mencari pekerjaan juga.

Karena itu, ada baiknya memperhatikan hal berikut sebelum tertolak di dunia kerja di masa mendatang.