Strategi Investasi Reksa Dana, Jangan Salah Pilih Manajer Investasi!

Manajer investasi memiliki peran yang sangat penting dalam investasi reksa dana Sumber Gambar : Pexels

Like

Manajer investasi merupakan lembaga keuangan atau individu profesional yang beratnggung jawab dalam mengelola portofolio investasi klien atau kelompok investor.

Adapula kebutuhan dana pensiun, perusahaan asuransi dan bank yang mengoperasikan usahanya dari daftar klien yang berhak menggunakan jasa manajer investasi.

Jadi, manajer investasi sangatlah penting bagi individu atau institusi yang tidak punya banyak waktu, keahlian atau minat dalam mengelola investasi mereka.

Maka dengan menyewa manajer investasi, si investor bisa dapat manfaat dari keahlian profesional, sehingga dapat memberikan hasil investasi yang lebih baik dibanding melakukan sendiri tanpa memiliki pemahaman yang luas.
 

Peran Manajer Investasi

Peran manajer investasi dibutuhkan sebagai pengamat pasar modal, maka strategi investasi dapat disusun sesuai kebutuhan klien sert dapat membuat portofolio investasi yang seimbang.

Manajer investasi dapat bertemu dengan investor secara perorangan, jika klien merupakan institusi besar maka manajer investasi hanya perlu menemui dengan perwakilan saja dari divisi keuangan.


Baca Juga: Manajer Investasi atau Robo Advisor? Mana yang Lebih Baik untuk Kamu?
 

Jenis-Jenis Manajer Investasi

  • Manajer investasi reksa dana : mengelola dana dari banyaknya investor dalam bentuk reksa dana yang kemudian diinvestasikan ke dalam berbagai instrumen pasar.
  • Manajer investasi privat : mengelola portofolio investasi secara individual untuk klien atau institusi tertentu.
  • Manajer investasi perusahaan : mengelola dana pensiun atau portofolio investasi perusahaan.

Memilih manajer investasi yang tepat menjadi langkah penting untuk memastikan agar investasi berjalan sukses. Berikut pedomannya: