Mencari Peluang Usaha di Saat Pandemi

Bisnis Muda
Like

Pandemi COVID-19 menimbulkan banyak efek domino. Salah satunya tentu sektor perekonomian yang terkena imbasnya. Semua kalangan bisa terkena. Bersyukurlah bagi yang masih memiliki penghasilan, meskipun mungkin tidak digaji full seperti saat normal. Setidaknya masih ada pemasukan.

Banyak karyawan yang ditunda gajinya. Malah tidak sedikit yang terkena PHK. Di kalangan pengusaha, dari skala kecil hingga besar, pun harus memutar banyak cara supaya bisa tetap berjalan. Faktanya, beberapa perusahaan malah ada yang ditutup.

Tetapi, bukan berarti perekonomian mati total. Meskipun terjadi penurunan, tetap ada beberapa usaha yang berjalan. Apa saja peluang usaha ini? Siapa tau kamu juga bisa ikutan.

Usaha Bahan Makanan dan Minuman

Pada saat mayoritas masyarakat berada di rumah, banyak yang mendadak jadi rajin masak. Yang tadinya gak pernah masak pun, jadi belajar masak. Kebanyakan alasannya karena pengiritan. Ya di saat seperti ini memang harus semakin mengencangkan ikat pinggang. Mengatur lagi keuangangan dengan lebih ketat. Memasak sendiri tentunya lebih irit daripada beli makanan jadi.


Tentunya untuk memasak membutuhkan berbagai bahan. Sedangkan mau ke pasar atau minimarket suka bikin was-was. Banyak yang lebih memilih belanja online. Sekarang aja para pedagang pasar tradisional mulai mau mengantarkan barang belanjaan ke rumah pelanggan.

Usaha Makanan dan Minuman

Meskipun saat ini banyak yang menjadi 'chef' rumahan bagi keluarga, bukan berarti usaha makanan dan minuman menjadi mati peluangnya. Saya lihat malah semakin banyak yang sekalian jualan hasil masakan dan minuman buatannya di media sosial. Kalau kata suami saya, "selama manusia masih butuh makan, bisnis di bidang akan terus ada."

Tidak hanya usaha rumahan aja. Beberapa hotel dan resto pun mulai menawarkan makanan dan minuman buatannya untuk diantarkan ke rumah pelanggan. Berbagai paket makanan ditawarkan. Untuk penggemar kopi, sekarang juga banyak yang jual dalam bentuk botol kemasan 1 ilter.

Usaha Masker Kain

Masih lekat banget dalam ingatan, bagaimana gilanya harga-harga masker dinaikkan saat pandemi berlangsung. Hmmm ... Kita memang sebaiknya jeli melihat peluang bisnis, tetapi jangan cara yang begini.

Untungnya sekarang boleh pakai masker kain. Mulai banyak yang berjualan masker kain dengan berbagai harga. Ada yang buatan tangan, ada pula yang ambil dari produsen.

Usaha Jasa Pelatihan

Saat di rumah aja, banyak yang menawarkan jasa pelatihan. Mengajak kita semua untuk menjadi lebih produktif. Banyak belajar selama dikarantina. Syukur-syukur setelah pandemi selesai, kita banyak mendapatkan ilmu baru. Memang banyak yang memberikan pelatihan secara cuma-cuma. Tetapi, ada juga yang menetapkan harga.

Usaha Jasa Antar Barang

Memang sudah ada ojol, tetapi gak ada salahnya juga mencoba membuka usaha jasa antar barang. Ya setidaknya bisa ditawarkan ke tertangga sekitar. Bisa jadi kalau kita mengenal baik, tetangga juga lebih sreg bila barangnya diantarkan oleh orang yang sudah dikenal.

Nah itu 5 peluang usaha yang bisa diraih saat pandemi. Sebetulnya peluang ini lebih banyak. Ada bisnis suplemen, pakaian, dan lain sebagainya. Iya, di rumah aja bukan berarti gak ada yang beli pakaian. Kabarnya, sih, bisnis daster atau pakaian model 'anti corona' termasuk yang paling dicari.

Jadi, tinggal bagaimana kita mau mencari peluang usaha tersebut. Tetapi, tentunya jangan asal-asalan atau sekadar ikutan, ya. Biar bagaimana kan ada persaingan. Kenali dulu produk yang akan kita jual. Kalau sekadar ingin asal laku aja nanti bukannya untung malah buntung.