Mengurangi Drama Pemilik Usaha dengan Karyawan

Like

Mengurangi Drama, Tips bagi Pemilik Usaha

1. Merekrut Karyawan yang Terbaik

Salah rekrut orang sama dengan boros menggaji orang yang salah selama bertahun-tahun. Bahkan bisa membuat perusahaan rugi ratusan juta. Belum lagi kerugian akibat waktu, tenaga, dan dramanya.
 

2. Pasang Iklan Berbayar untuk Merekrut Karyawan

Dengan ini pelamar yang masuk akan lebih banyak, misal tanpa iklan hanya 1-10 orang, dengan iklan akan dapat pelamar hingga 100 san pemilik akan mendapatkan kandidat yang terbaik.
 

3. Pemilik Usaha Paham Hak dan Kewajiban Karyawan

Artinya pemilik usaha mengaryakan karyawan sesuai standar atau undang-undang yang berlaku, baik dari segi jam kerja,upah, dan yang lainnya.

Baca Juga: Jadi Bos yang Bijaksana! Ikuti 6 Tips Mengelola Emosi dan Konflik Karyawan
 

4. Pemilik Usaha Berwibawa Tetapi Tetap Ramah

Ini terkesan teoritis, tetapi, pemilik usaha yang terlalu kaku apalagi marah-marah akan menyebabkan karyawan sulit berkomunikasi kepadanya bahkan sulit menyampaikan aspirasi-aspirasinya yang mungkin cemerlang. 

Sebaliknya, pemilik usaha yang tidak menjaga kewibawaan juga dapat berakibat tidak ada jarak antara pemilik usaha dan karyawan, sehingga kata-kata, perintah, atau permintaan pemilik usaha sering diabaikan.
 

5. Pemilik peduli terhadap karyawan

Sebuah penelitian yang dibacakan oleh Tom MC Ifle menyatakan bahwa pemilik usaha yang peduli terhadap karyawannya memiliki dampak yang bagus untuk perkembangan usahanya.


Seperti 31% karyawan lebih produktif; 37% penjualannya lebih tinggi; karyawan 3x lebih kreatif, dan 87% karyawan lebih loyal.