Sering Tak Disadari, Jangan Sepelekan 5 Masalah Kesehatan Reproduksi Wanita dan Cara Mengatasinya

Like

4. Infeksi Saluran Kemih (ISK) 

Infeksi saluran Kemih (ISK) adalah masalah kesehatan yang sering dialami wanita. Hal ini ditandai dengan nyeri atau sensasi terbakar saat berkemih, serta frekuensi buang air kecil yang meningkat meskipun hanya sedikit.

ISK terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih dan dapat menyebabkan infeksi jika tidak segera ditangani.

Cara Menanggulanginya:
Minumlah banyak air putih untuk membantu mengeluarkan bakteri dari saluran kemih, jangan menahan buang air kecil, dan segera konsultasikan dengan dokter jika gejala ISK muncul. Dokter kemungkinan akan meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi ini.
 

5. Vaginosis Bakterialis  

Vaginosis Bakterialis merupakan infeksi vagina yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat di vagina.

 

Vaginosis Bakterialis - Gambar: Canva

Vaginosis Bakterialis - Gambar: Canva


Gejala umumnya termasuk keputihan yang berbau tidak sedap, terutama setelah berhubungan seksual, serta kadang disertai rasa gatal atau iritasi.  


Cara Menanggulanginya:  
Hindari praktik douching yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri alami di vagina. Jika Anda mengalami gejala vaginosis bakterialis, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, biasanya berupa antibiotik.

Dengan mengetahui gejala-gejala dan cara penanganannya, kita dapat lebih proaktif dalam menjaga kesehatan reproduksi kita. Jangan ragu untuk menghubungi dokter jika mengalami salah satu masalah tersebut, karena penanganan yang cepat bisa mencegah komplikasi yang lebih serius di masa depan.

Kesehatan reproduksi merupakan bagian penting dari kesejahteraan kita sebagai wanita, jadi pastikan untuk merawatnya dengan baik.

Yuk, cari tahu lebih dalam tentang reproduksi wanita dengan gabung di webinar Women Story "Merawat Kesehatan Reproduksi Wanita: Waspada Bahaya dan Cara Menanggulanginya" bersama Kak Ernani Setyawati, M.Keb Dosen Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur.

Catat Tanggalnya Sekarang Juga!
Jumat 13 September 2024
16.00-17.00 WIB
via ZOOM MEETING (GRATIS)

Daftar sekarang di: bit.ly/WomenStorySeptember


 

Women Story: Merawat Kesehatan Reproduksi Wanita

Women Story: Merawat Kesehatan Reproduksi Wanita





Penulis: Nindy