Darurat Global Virus Mpox, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Like

Cara Penyebaran dan Penularan Mpox

1. Kontak Langsung dengan Lesi Kulit

Virus Mpox menyebar melalui kontak langsung dengan lesi kulit atau ruam yang disebabkan oleh infeksi Mpox.

Kontak ini bisa terjadi ketika kulit yang sehat bersentuhan dengan kulit yang terinfeksi, atau melalui benda-benda yang telah terkontaminasi oleh cairan dari lesi tersebut, seperti pakaian atau handuk. Perlu diketahui juga bahwa penularan virus ini paling cepat terjadi melalui hubungan seksual sejenis.
 

2. Penularan Melalui Droplet Saliva atau Lendir

Penularan virus Mpox juga dapat terjadi melalui droplet atau percikan air liur dan lendir yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi saat batuk, bersin, atau berbicara. Droplet ini dapat memasuki tubuh orang lain melalui mulut, hidung, atau mata.

 

Gejala Terkena Virus Mpox

1. Ruam atau Lesi

Biasanya, ruam dimulai dalam 1-3 hari setelah demam. Awalnya, ruam akan terlihat seperti bintik merah yang menyerupai cacar, kemudian berisi cairan bening yang berubah menjadi nanah.

Setelah itu, lesi akan mengeras, mengering (menjadi keropeng), dan akhirnya rontok. Perlu diketahui bahwa bentuk ruam atau lesi ini dapat berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang hanya sedikit, tetapi ada juga yang sampai ribuan.
 

2. Demam

Demam ini bisa mencapai lebih dari 38°C dan disertai dengan pembesaran kelenjar getah bening.
 

3. Nyeri Tubuh, Lemah, dan Sakit Kepala

Gejala lain yang dapat muncul adalah nyeri tubuh, rasa lemah, dan sakit kepala.

 

Cara Pencegahan Virus Mpox

Be-emers, lebih baik mencegah daripada mengobati. Meskipun dapat sembuh melalui pengobatan, tentu lebih baik jika kita tidak mengalami sakit sama sekali.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mencegah penularan virus Mpox dengan cara-cara berikut:
  1. Hindari melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, berganti-ganti, dan pasangan sejenis.
  2. Jangan melakukan kontak fisik intim dengan orang yang terkena virus Mpox, meskipun baru menunjukkan gejala seperti ruam dan lesi yang bernanah di kulit.
  3. Jika mengalami gejala terkena virus Mpox seperti demam, ruam, atau lesi, segera periksakan diri ke klinik atau rumah sakit.
  4. Untuk mencegah penularan, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan, menggunakan masker jika diperlukan, dan memperhatikan gejala-gejala yang muncul.
  5. Jika merasa tidak sehat, segera konsultasikan dengan tenaga medis. Be-emers, bagaimanapun juga, langkah pencegahan selalu lebih baik daripada penanganan. 

Be-emers, mari kita bersama-sama menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran virus Mpox di lingkungan kita. Semoga dengan pola hidup sehat, kita dihindarkan dari segala virus dan penyakit. Salam sehat dan semangat!


#Mon-FridayChallengeKemerdekan



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung