Waspada Asuransi Bodong, Berikut Ciri yang Mesti Kamu Perhatikan!

Like

5. Asuransi Tanpa Izin Resmi

Sebelum memilih asuransi, kita wajib memastikan apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki izin resmi OJK atau belum.

Di samping itu kita juga harus memastikan ageng asuransi tersebut berlisensi. Dengan memilih perusahaan asuransi yang memiliki izin resmi serta agen yang berlisensi, kita bisa lebih tenang. 

Karena kita tahu bahwa perusahaan tersebut diawasi oleh pemerintah dan harus mematuhi peraturan yang berlaku. Jika ragu, kita bisa mengecek langsung melalui situs resmi OJK atau menghubungi layanan konsumen mereka.
 

6. Penawaran Lewat Telepon atau Media Sosial

Penawaran asuransi yang dilakukan lewat telepon atau media sosial juga patut diwaspadai. Biasanya, oknum nakal akan mencoba meyakinkan kita dengan berbagai cara agar segera membeli produk mereka.

Mulai dari tawaran diskon besar atau memberikan tekanan agar kita cepat mengambil keputusan. 

Meskipun membutuhkan, membeli asuransi harus dilakukan dengan pertimbangan matang dan tidak boleh tergesa-gesa.


Jika merasa ada yang janggal, lebih baik lupakan penawaran tersebut meskipun menggiurkan. Lebih lanjut, carilah informasi melalui situs-situs resmi. 
 

7. Mengandalkan Rekomendasi Orang Terdekat


Jika memiliki teman atau keluarga yang sudah lebih dahulu menggunakan layanan asuransi dari perusahaan tertentu. Kemudian mereka mereka merasa puas dengan layanan yang diberikan, tidak ada salahnya jika asuransi tersebut masuk ke daftar list pertimbangan.

Namun, pastikan untuk melakukan riset sendiri agar kita mengetahui sendiri informasi jelasnya tidak hanya berdasarkan katanya. 

Baca Juga: Marak Penipuan Asuransi, Bagaimana Cara Menghindarinya?
 

8. Cek Reputasi Perusahaan Asuransi

Rekam jejak reputasi perusahaan asuransi wajib kita ketahui. Perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik biasanya sudah lama beroperasi dan memiliki banyak nasabah yang puas dengan layanan mereka.

Kita bisa mencari ulasan atau testimoni dari nasabah lain di internet atau bertanya langsung kepada orang yang pernah menggunakan layanan dari perusahaan tersebut.

Hal tersebut akan memberikan gambaran jelas entang kualitas layanan yang perusahaan asuransi tersebut berikan.
 

9. Waspadai Produk Asuransi yang Rumit

Jika tidak mengerti, jangan paksakan hati untuk membeli asuransi. Karena oknum nakal sering kali menawarkan produk asuransi yang rumit dan sulit dipahami.

Istilah-istilah teknis yang digunakan untuk menjelaskan hanya untuk membuat kita bingung dan akhirnya membeli produk yang tidak kita butuhkan. 

Jangan merasa malu untuk bertanya, agar kita benar-benar memahami semua ketentuan dan manfaat yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi yang dibutuhkan. 
 

10. Jangan Terburu-buru dalam Mengambil Keputusan

Pertimbangkan semua aspek, termasuk kebutuhan kita, kemampuan finansial, serta reputasi perusahaan asuransi yang kita pilih sebelum memutuskan.

Berkonsultasi dengan ahli asuransi atau penasihat keuangan bisa kita lakukan untuk mendapatkan pandangan objektif dan membantu kita memilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan. 

Kita memang membutuhkan asuransi untuk melindungi diri dari berbagai risiko di masa depan. Meskipun demikian kita tidak boleh gegabah dan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan untuk membeli asuransi. 

Waspadai tawaran-tawaran menggiurkan yang terlihat terlalu bagus. Pastikan dahulu apakah perusahaan asuransi yang kita pilih memiliki izin resmi serta reputasi yang baik. 

Dengan kewaspadaan yang optimal kita bisa terhindar dari penipuan. Ingatlah selalu, perlindungan masuk akal adalah kunci aman terhindar dari oknum asuransi nakal. 

#Mon-FridayChallengeKemerdekaan










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung