Marak Asuransi Bodong, Bagaimana Cara Memberantasnya?

Like

Ciri-Ciri Asuransi Bodong yang Wajib Kamu Waspadai: 


Ciri-ciri asuransi bodong yang mungkin membuat masyarakat terkecoh dapat dilihat dan dikenali sebagai berikut:
  1. Menawarkan keuntungan dari mendaftarkan asuransi yang dinilai sangat besar dan tidak masuk akal;
  2. Pembayaran klaim dari asuransi yang berbelit dan sulit. Dimana masyarakat diminta untuk membayar premi rutin namun ketika mencairkan klaim amat susah dan meminta banyak persyaratan administrasi tambahan;
  3. Tidak terdaftar di OJK dengan alasan perusahaan baru berdiri dan bersifat kekeluargaan.
Hati-hati dalam membaca dan memahami polis asuransi. Bacalah dengan teliti dan seksama karena polis asuransi menggunakan bahasa hukum yang sangat baku.

Baca Juga: Waspada Asuransi Bodong, Berikut Ciri yang Mesti Kamu Perhatikan!

Peran OJK dalam melindungi masyarakat dari asuransi bodong mendorong masyarakat untuk tidak lagi alergi dengan yang namanya asuransi.

Akibat dari asuransi bodong ini menurunkan indeks kepercayaan publik bahkan masyarakat internasional untuk melakukan investasi asuransi di Indonesia. Perusahaan asuransi lainnya yang amanah dan berkativitas sesuai peraturan ikut terkena imbasnya.

OJK harus selalu koordinasi dan memberikan edukasi kepada perusahaan asuransi, agen asuransi serta perusahaan pialang asuransi termasuk yang syariah untuk selalu mematuhi peraturan dan perundang-undangan dalam melakukan dan memasarkan produk asuransinya.


Memberikan hukuman seperti denda dan sanksi kalau perlu mencabut izin terhadap perusahaan-perusahaan asuransi yang melakukan pelanggaran.

Selain itu menghukum siapa pun yang melakukan kejahatan asuransi termasuk pemalsuan klaim asuransi untuk diproses hukum pidana. Masyarakat yang baru pemula terjun ke dunia asuransi perlu perlindungan dan edukasi agar tidak terjebak di asuransi bodong. 











----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung