Mengapa Pernikahan Menakutkan Menurut Gen Z?

Like

Perubahan nilai

Nilai bahkan prioritas pada Gen Z berbeda dengan generasi sebelumnya, mereka lebih memfokuskan pada pengembangan diri, karir dan kebebasan pribadi.

Bagi mereka, pernikahan dianggap sebagai sesuatu yang dapat menghambat pencapaian tujuan. Mereka cenderung lebih memilih untuk menjalin hubungan yang lebih fleksibel dan tidak terikat.
 

Komitmen menakutkan

Pernikahan dianggap sebagai komitmen seumur hidup bagi Gen Z ini adalah sesuatu yang menakutkan. Mereka khawatir tentang kemungkinan perubahan dalam hubungan dan perasaan di masa depan.

Ketakutan akan kegagalan dalam menjalani komitmen jangka panjang ini membuat mereka berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk menikah.

Baca Juga: Pevita Pearce Resmi Menikah dengan Sosok Pengusaha Emas, Siapa kah Dia?
 

Pilihan hidup yang beragam

Gen Z memiliki banyak pilihan dalam hidupnya, seperti karir, gaya hidup ataupun cara mereka dalam membangun hubungan. Mereka lebih terbuka terhadap konsep hubungan non tradisional, seperti kohabitasi tanpa pernikahan, bahkan memilih untuk tetap lajang.


Dari keberagaman inilah membuat pernikahan tidak lagi dianggap sebagai satu-satunya jalan menuju kestabilan dan kebahagiaan.

Nah jadi sebagai Gen Z pernikahan merupakan sebuah konsep yang menimbulkan banyak pertanyaan. Namun, bukan berarti generasi ini menolak gagasan pernikahan, hanya saja mereka lebih berhati-hati dan mempertimbangkan dengan matang sebelum membuat komitmen seumur hidup.

Generasi ini mungkin akan mendefinisikan kembali arti pernikahan dalam konteks modern serta bagaimana mereka menyesuaikan dengan kebutuhan dan nilai-nilai mereka.

Bagi mereka menikah bukan lagi menjadi tradisi, tetapi lebih kepada menemukan apa yang benar-benar membuat mereka bahagia dan merasa aman dalam jangka panjang.














---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung