Kelas Menengah Kian Terhimpit, Apa yang bisa Dilakukan?

Like

Apa yang bisa dilakukan jika kamu termasuk kelas menengah?

Pertama, Baca dan praktekkan buku personal finance. Kelas menengah menjadi kelas sosial yang posisinya berada di tengah. Kelas ini bukan orang miskin dan juga bukan orang yang kaya.

Artinya penduduk yang berada di kelas ini mempunyai penghasilan yang relatif stabil setiap bulan entah satu atau dua sumber penghasilan. Maka hal penting yang mestinya dipahami dan kuasai adalah ilmu pendidikan keuangan pribadi (personal finance).

Pendidikan keuangan jadi ilmu yang sangat mendasar agar seseorang agar bisa mengelola kekayaan. Buktinya masih banyak orang yang belanja menggunakan paylater tanpa perencanaan yang baik.

Ini akan merugikan karena akan mengakibatkan pengeluaran yang membengkak (overlimit). Contoh lainnya kamu gak bisa mentracking dan mengatur budget berdasarkan kemampuanmu.

Baca Juga: 3 Solusi Kelas Menengah Turun Kasta, Ini yang Bisa DIlakukan Pemerintah!


Kedua, Menambah sumber penghasilan (side hustle) Baru-baru ini CNN Indonesia merilis 7 daftar penyakit yang menggerogoti ekonomi RI diakhir pemerintahan Jokowi.

Dari daftar itu ada 2 hal yaitu masyarakat mulai bergantung pada tabungan dan tingginya PHK karyawan. Dua hal ini membuat saya makin terbuka akan fakta terhadap ekonomi yang sedang terjadi.

Maka dari itu meningkatkan atau menambah sumber penghasilan menjadi hal penting harus dilakukan. Bisa dijalur industri kreatif, jasa, atau usaha rumahan. Selama jadi karyawan tidak ada kerjaan yang aman sedangkan semakin banyak sumber penghasilan membuat keuangan keluarga lebih stabil.

Kelas menengah turun kasta tidak boleh dibiarkan begitu saja karna penduduk kelas ini bisa menopang ekonomi. Seperti memtahankan daya beli sehingga roda ekonomi bisa berjalan dengan baik.

Pemerintah mempunyai wewenang sebagai pembuat regulasi untuk lebih memperhatikan kelas menengah sedangkan kita sebagai rakyat kelas menengah tidak boleh terjebak pada zona nyaman tanpa paham pendidikan keuangan. Keinginan untuk terus meningkatkan penghasilan harus selalu ditanamkan dalam dirinya.

#Mon-FridayChallengeSeptember










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung