Mana Karir Idaman Gen Z, jadi PNS atau Berkarir di Swasta?

Like

Pandangan Terhadap Karir

Karir yang menawarkan kesempatan untuk berkreasi dan berkembang secara pribadi lebih menarik bagi generasi Z.

Mereka melihat pekerjaan di sektor swasta atau start-up sebagai peluang yang lebih sesuai dengan aspirasi mereka dibandingkan dengan struktur hierarki yang kaku di sektor publik.

 

Realitas Pasar Kerja dan Adaptasi

Realitas pasar kerja saat ini juga berkontribusi pada perubahan ini. Dunia kerja modern menuntut kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dan menguasai teknologi baru, yang seringkali kurang terjangkau dalam lingkungan PNS.

Perubahan dan adaptasi cepat menjadi kunci, sementara PNS seringkali dianggap lambat dalam hal inovasi.

Baca Juga: CPNS vs Startup: Mana yang Lebih Menjanjikan untuk Generasi Muda?


 

Relevansi Jadi PNS

Tidak ada yang benar atau salah dalam pemilihan menjadi PNS.  Semua tergantung dari  pilihan pribadi masing-masing.

Jika kamu memang menyukai stabilitas dan ingin membaktikan diri di negara yang sedang berkembang dan struktur , maka PNS jadi pilihan tepat.

Jika kamu menyukai tantangan untuk menjadi orang yang dinamis, kreativitas, maka kamu bisa memilih sektor swasta atau freelance.

Di tengah pergeseran nilai ini, relevansi pekerjaan PNS harus dipertimbangkan ulang. Jika sektor publik ingin menarik generasi Z, mereka perlu menawarkan lebih dari sekadar keamanan kerja.

Penyesuaian terhadap kebutuhan fleksibilitas dan peluang untuk inovasi bisa menjadi kunci untuk membuat PNS lebih menarik bagi generasi muda.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung