5 Tips Punya Tim Konten yang Awet dan Tahan Lama Supaya Bisnismu Langgeng


2. Keterbukaan

Kedua adalah keterbukaan. Keterbukaan yang mimin maksud disini adalah integritas dan kejujuran. Setiap anggota harus dapat terbuka mengisahkan proyek endorse atau klien yang didapatkan.

Baik itu soal rate card yang dimiliki, hasil yang didapatkan, bonus dan lain-lain. Keterbukaan akan hal-hal seperti ini, menjadi tanda komitmen yang kuat dari setiap anggota.

Tanpa adanya keterbukaan seperti ini, anggota tertentu bisa saja mulai membuat celah perpecahan sedikit demi sedikit.

Terlebih lagi jika proyek yang diterima adalah proyek yang dapat mengancam nama baik seluruh tim konten yang ada. Semisal proyek menjadi buzzer berita hoaks.
 

3. Pembagian Job Desc yang Jelas

Ketiga adalah pembagian job desc yang jelas. Hal ini penting untuk diperhatikan karena dapat memengaruhi besarnya penghasilan yang didapatkan oleh setiap anggota tim.

Tapi, karena pada dasarnya tim konten dibentuk untuk dapat maju bersama, alangkah baiknya penghasilan yang didapatkan sama rata, dan peran yang diberikan juga sama rata.

 

4. Kualitas Nomor 1

Tips berikutnya adalah dengan menjadikan kualitas nomor 1. Tentu saja setiap tim konten memiliki standar kualitasnya masing-masing.

Tapi, yang jelas, jangan lupa untuk menjadikan standar kualitas tersebut sebagai bahan pertimbangan sebelum membuat, memproses, dan publish sebuah konten.

Pastikan setiap elemen konten yang ada di dalamnya benar-benar dapat menghibur dan tidak menjadi boomerang di kemudian hari.

Baca Juga: Pentingnya Detoksifikasi Sosial Media untuk Konten Kreator

Mulai dari elemen grafis, audio, video, latar belakang dan juga caption, semua harus kamu pikirkan matang-matang. Dalam hal ini, riset, riset dan riset menjadi kunci paling penting.
 

5. Menyadari Bahwa Setiap Anggota Memiliki Kesibukannya Masing-Masing

Terakhir, adalah dengan menyadari bahwa setiap anggota tim konten memiliki kesibukannya masing-masing. Oleh sebab itu, jalin komunikasi yang baik dan terbuka.

Jangan sampai setiap proyek video yang ingin dibuat, terdapat satu anggota yang tiba-tiba cabut karena alasan yang tidak jelas. Anggota seperti ini tentu akan sangat merugikan anggota lainnya yang telah meluangkan waktu untuk membuat konten.

Ya, salah satu kunci penting lainnya untuk bisa menjadi tim konten yang sukses, adalah mau meluangkan waktu.

Menunggu hingga mendapatkan momen yang pas, malah akan memperlama proses pembuatan konten yang ada. Ketika masing-masing anggota tim sudah rela meluangkan waktunya untuk membuat konten, maka lakukan proses syuting dengan serius.

Ya, meskipun syuting konten tersebut dibuat untuk tujuan komedi, tapi perlu diingat bahwa komedi menjadi lucu karena pemerannya serius. Kata-kata ini mimin dapatkan dari Pakde Indro.
 

Tidak Ada yang Benar-Benar Awet Selamanya

Tambahan, pahami bahwa tidak semuanya dapat bertahan lama. Dalam roda hidup yang terus berputar ini, ada kalanya anggota tim terpaksa untuk keluar. Baik itu karena alasan sakit, atau mendapatkan pekerjaan lain yang memang lebih menjanjikan dan alasan-alasan lainnya.

Perpecahan tidak selalu negatif. Justru persatuan yang terus dipaksakan akan melahirkan dampak negatif di kemudian hari.

Perpecahan yang baik, adalah perpecahan yang setelahnya kita bisa saling bisa tetap bertegur sapa tanpa rasa canggung sama sekali, meski bukan lagi bagian dari anggota tim. Semoga informasi ini bermanfaat ya.












----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung