Negosiasi Gaji, Tips Dapatkan Pendapatan Impian!

Like

Melakukan Negosiasi Gaji

Setelah melakukan riset gaji dan menilai diri sendiri, tentu kita sudah percaya diri akan mendapatkan gaji yang baik yang sesuai dengan yang kita harapkan. 

Namun ada kalanya gaji tersebut tidak sesuai dengan harapan, itulah kenapa kita perlu melakukan negosiasi gaji. Negosiasi kasih dapat dilakukan antara lain dengan cara 

Sampaikan sudah melakukan riset. Tahap awal negosiasi gaji bisa dilakukan dengan menyatakan bahwa kita sebagai pelamar sudah melakukan riset mengenai kisaran gaji di posisi yang sedang dilamar. Jadi pelamar bisa menyampaikan harapan lebih lanjut agar pelamar bisa mendapatkan gaji di kisaran angka tersebut.

Tanyakan besar tunjangan lain. Cara selanjutnya untuk negosiasi gaji adalah dengan menanyakan besar tunjangan lain. Jika gaji pokoknya di bawah standar atau di bawah harapan, coba tanyakan besar tunjangan lain, yang barangkali jika diakumulasi, bisa sama dengan standar gaji rata-rata atau bahkan lebih besar.

Tunjangan lain ini antara lain tempat tinggal, termasuk listrik dan airnya, biaya transportasi, biaya makan siang, internet, asuransi, dan lain-lain.


Baca Juga: Negosiasi Gaji di Tempat Kerja? Begini Caranya!

Lihat performa dulu. Lalu minta digaji sesuai standar. Ini bisa dilakukan dengan mengajukan syarat saat diskusi mengenai gaji.

Misalnya, sampaikan bahwa mengenai gaji kita sebagai pelamar akan terbuka, namun jika bisa, pihak pemberi pekerjaan menuliskan secara jelas di dalam kontrak, bahwa jika dalam waktu enam bulan atau satu tahun performa kerja kita sesuai harapan, maka tempat kerja tersebut akan mempertimbangan menaikkan gaji sesuai harapan pelamar.

Terakhir tapi bukan yang paling akhir, ingat, bahkan jika kita belum mendapatkan gaji yang tepat pada awal karir kuta, gaji kita biasanya tetap akan meningkat seiring dengan pengalaman dan keterampilan kita.

Jadi jangan khawatir untuk memulai karir di posisi yang mungkin tidak membayar gaji yang seharusnya, asalkan kita menunjukkan hal yang terbaik.













----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung