Maklon untuk Skincare, Strategi Cepat untuk UMKM

Like

Untung Banyak Bisnis Skincare dengan Maklon 

1. Lakukan riset pasar

Lakukan riset pasar skincare yang sedang tren, dengan melakukan survei kecil-kecilan atau dengan melihat tren yang ada di media sosial. Hal lain yang bisa dilakukan misalnya mengunjungi toko offline atau riset toko online untuk melihat produk-produk yang best seller.  
 

2. Bekerja sama dengan ahli kulit, ahli kosmetika, ahli kimia

Memang butuh dana yang besar, tapi trik ini sangat berharga. Karena meskipun banyak maklon yang menjanjikan bahwa mereka menggunakan bahan yang terbaik, diproses secara terbaik, namun akan tetap lebih baik jika pemilik brand menggandeng ahlinya sendiri. 

Menggandeng ahli-ahli tersebut, selain juga untuk trik pemasaran yaitu meyakinkan konsumen bahwa skincare mereka sudah disetujui para ahli, juga berfungsi untuk menjamin kualitas produk yang akan dijual, yaitu produk tidak hanya mengikuti tren, tetapi benar-benar aman dan menunjukkan hasil yang nyata bagi penggunanya. 
 

3. Brand dan desain kemasan

Pasar skincare saat ini termasuk pasar yang berdarah,artinya persaingannya sangat ketat, sehingga perlu membuat brand dengan visi dan misi yang kuat. Desain kemasan juga perlu dibuat semenarik mungkin dan sesuai dengan visi misi brand skincare tersebut. Bagaimanapun, hal yang pertama kali dilihat oleh pelanggan adalah kemasan, baru kemudian formulasi, keefektifan, dan yang lain.

Baca Juga: Maklon, Jalan Pintas UMKM Punya Produk Sendiri?
 

4. Diskusi dan konsultasi produk

Ini penting antara lain untuk mengetahui ketersediaan dan harga bahan baku. Juga harga lain secara keseluruhan. 
 

5. Pembuatan dan review sampel

Hasil sampel sangat penting untuk mengetahui apakah produk yang dibuat sesuai standar dan keinginan pemilik brand atau tidak, sebelum diproduksi dalam skala besar.
 

6. Kontrak kerjasama

Pelajari kontrak kerja dengan baik. Ini sangat penting untuk mengetahui aturan, kesepakatan, dan ikatan hukum. Sehingga kedua belah pihak bisa mendapatkan jaminan kerja yang profesional, sesuai dengan kesepakatan bersama.

 

7. Urus legalitas

Pastikan produk skincare memiliki legalitas dan izin edar yang sesuai. Termasuk sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk menghindari plagiasi.
 

8. Pemasaran

Meski biaya produksi sudah ditekan karena menggunakan jasa maklon, namun tidak akan untung optimal jika tidak melakukan pemasaran dengan baik. Oleh karena itu, tetap lakukan strategi pemasaran dengan baik. Memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk pemasaran, termasuk menggandeng beberapa influencer atau brand ambassador, merupakan contohnya.














----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung