5 Tips Ilmu Parenting dalam Mendidik Anak

Like

3. Empati

Empati dalam ilmu parenting dapat membantu orang tua mengerti perasaan anak-anak dan menanggapi perasaan tersebut, dengan penuh dukungan dan pemahaman. Empati ini penting untuk mengelola perasaan anak dan membangun hubungan

Mengelola perasaan. Empati dapat membantu orang tua untuk membantu anak-anak mengelola perasaan mereka dengan baik, termasuk memahami dan menerima perasaan mereka sendiri.

Membangun hubungan. Empati juga dapat membantu orang tua membangun hubungan yang lebih dekat dengan anak-anak mereka. Hal ini terjadi karena mereka mengerti hal yang dirasakan oleh anak mereka dan anak-anak tersebut merasa mendapat dukungan yang tepat.

 

4. Mengelola Emosi

Berlatih mengelola emosi juga merupakan keterampilan yang penting dalam ilmu parenting. Mengelola emosi dapat dilakukan dengan memberi pemahaman emosi pada anak dan orang tua menunjukkan perhatian mereka terhadap emosi anak. 

Memberi pemahaman emosi pada anak. Ini dapat membantu anak-anak memahami emosi mereka sendiri dan orang lain. Ini juga akan membantu anak-anak menjadi lebih nyaman dan berempati.


Orang tua menunjukkan perhatian mereka terhadap emosi anak. Orang tua yang menunjukkan perhatian mereka terhadap emosi anak akan membentuk anak-anak merasa dipahami perasaan mereka, dan mereka merasa mereka dapat menunjukkan perasaan mereka dengan tepat.

Baca Juga: Disiplin Positif vs Hukuman: Mana yang Lebih Baik untuk Anak?

Ini akan memberikan dampak positif lebih jauh yaitu anak akan menunjukkan cara menangani perasaan mereka sendiri dengan baik.

 

5. Apresiasi dan Doa

Ada banyak ilmu parenting, baik di berbagai media online, maupun di buku-buku cetak. Namun tentu saja ilmu tersebut tidak semudah seperti yang dikatakan di media online ataupun seperti teori di buku. 

Pada kenyataannya ketika orang tua dan anak sudah sama-sama tidak bisa mengelola emosi, maka semua teori itu seolah hilang begitu saja, dan yang muncul justru konflik. 

Nah pada tahap ini, sebenarnya, harus ada dalam pikiran, terutama pikiran orang tua, bahwa pasti ada satu atau dua teori yang berhasil diterapkan, meski yang lain gagal. Maka tinggal mengapresiasi usaha tersebut, dan dilanjutkan dengan berdoa.













---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung