Mahasiswa Kerja Part Time? Kelebihan dan Kekurangan hingga Tips Atur Waktunya!

Like

Kelebihan Kerja Part Time Sambil Kuliah

1. Pengalaman Kerja

Dibandingkan dengan mahasiswa yang full kuliah, mahasiswa yang bekerja memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja yang berharga sebelum lulus.

Hal tersebut tentunya meningkatkan daya saing di pasar kerja. Terlebih, setelah lulus kita tidak lagi berpikir kerja apa tetapi tinggal melanjutkan dan mengejar karir. 
 

2. Pendapatan Tambahan

Hal yang paling mendasar bagi kebanyakan mahasiswa yang memilih kerja sambil kuliah adalah untuk mendapatkan penghasilan. Selain bisa membiayai kuliah tentu juga bisa menghidupi diri sendiri. 
 

3. Peningkatan Keterampilan

Selain mendapatkan penghasilan, bekerja juga dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan non-akademis yang lebih konkrit. Seperti manajemen waktu, komunikasi, dan kerja dalam tim.
 

4. Jaringan Profesional

Selain dapat mempraktikkan ilmu yang didapatkan dari bangku kuliah, mahasiswa yang bekerja dapat membangun jaringan profesional lebih awal, yang tentunya sangat bermanfaat untuk karier di masa depan.
 

5. Praktik Langsung

Jika mahasiswa bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusan kuliahnya, tentu hal tersebut merupakan keuntungan baginya. Karena hal tersebut berati ia telah membangun karirnya lebih awal karena ia mempunyai kesempatan untuk menerapkan teori yang dipelajari di kelas ke dalam praktik nyata.

Bagaimana, Be-emers, tertarik untuk kuliah sambil bekerja? Jika iya, maka lakukan hal-hal berikut agar sukses meniti karir sekaligus lulus kuliah dengan memuaskan:


Baca Juga: Pro-Kontra Mahasiswa Beasiswa Kerja Part-Time


Tips Membagi Waktu Kuliah Sambil Kerja Part Time

1. Manajemen Waktu Sebaik Mungkin

Atur jadwal kegiatan dengan baik, agar mudah membagi waktu antara kuliah, dan waktu istirahat. 
 

2. Pilih Pekerjaan yang Fleksibel

Jika memungkinkan carilah pekerjaan yang memiliki jam kerja fleksibel atau ambil kuliah kelas pekerjaan paruh waktu. Ini akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan jadwal kerja dengan jadwal kuliah. Bisa juga sebaliknya, ambil kuliah yang menyediakan kelas fleksibel. 
 

3. Manfaatkan Teknologi

Sekarang ini teknologi semakin canggih, kita bisa memanfaatkan teknologi yang dapat membantu kita untuk belajar di mana saja. Seperti mengikuti kuliah online, menggunakan aplikasi catatan digital, atau membaca materi kuliah di perangkat seluler.
 

4. Komunikasi dengan Atasan dan Dosen

Komunikasi adalah kunci dalam sebuah hubungan, demikian juga hubungan kerja dengan atasan dan dengan dose. Informasikan kepada atasan bahwa kita juga kuliah, sehingga atasan dapat memahami kondisi kita. Selain itu, kita juga harus pandai menjalin hubungan baik dengan dosen agar dosen memahami kondisi kita. 
 

5. Jangan Menunda-nunda Tugas

Selesaikan tugas kuliah dan pekerjaan tepat waktu. Hindari menunda-nunda pekerjaan karena hal ini bisa membuatmu kewalahan.
 

6. Manfaatkan Waktu Luang untuk Belajar

Setiap ada waktu kosong, kita harus memanfaatkan untuk belajar. Bisa saat istirahat kerja, dalam perjalanan atau lainya. 
 

7. Jaga Kesehatan

Hal yang tidak kalah penting adalah, kita harus menjaga kesehatan kita. Karena jika sakit, banyak hal yang tertunda. Perhatikan pola makan, istirahat dan olahraga yang cukup. 
 

8. Tetapkan Prioritas

Kuliah dan kerja, keduanya merupakan hal penting. Karena itu kita harus pandai-pandai memilih dan memilahnya. Misalnya, saat ada ujian penting, mintalah izin cuti sementara dari pekerjaan jika memungkinkan.
 

9. Ambil Waktu untuk Diri Sendiri

Dengan jadwal kegiatan yang padat, kita rentan terkena burnout. Maka dari itu, penting bagi kita menjaga kesehatan mental kita sendiri. 

Be-emers, kuliah sambil kerja atau sebaliknya bukanlah hal buruk jika kita bisa memanajemen waktu dengan baik dan komunikasi yang efektif. Hal tersebut juga bisa menjadi pengalaman tersendiri, yang bermanfaat untuk masa depan yang lebih baik. 

#Mon-FridayChallengeSeptember














---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung