Pro-Kontra Mahasiswa Beasiswa Kerja Part-Time

Pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa (sumber gambar: Freepik.com)

Pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa (sumber gambar: Freepik.com)

Like

Pekerjaan paruh waktu atau banyak yang mengenalnya dengan istilah part time belakangan mencuat ke publik. Terutama di kalangan mahasiswa di perguruan tinggi.

Bagaimana tidak salah satu kampus ternama di Indonesia mewajibkan mahasiswanya yang menerima beasiswa untuk bekerja part time di kampus.

Pihak kampus beralasan bekerja part time adalah bentuk timbal balik dari mahasiswa kepada kampus karena telah mendapatkan bantuan berupa beasiswa. Dari kebijakan ini ada yang setuju atau pro ada pula yang tidak setuju atau kontra dengan kebijakan tersebut.

Mereka yang setuju berpendapat kalau hal tersebut merupakan bentuk balas budi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa penerima beasiswa dengan kata lain merupakan bentuk ucapan terima kasih karena telah diberikan beasiswa.

Baca Juga: Dampak Psikologis Kerja Part Time pada Mahasiswa Beasiswa

Disisi lain mereka yang tidak setuju menilai bahwa hal tersebut merupakan salah satu bentuk perbudakan terhadap mahasiswa.


Arogansi pihak kampus semakin menonjol terhadap mahasiswa penerima beasiswa. Padahal beasiswa sendiri bukan hal yang mudah untuk didapat.