7 Cara Menghadapi Penipuan Kripto

Like

Menghindari Penipuan Kripto

1. Kendalikan diri

Ada berita yang menginformasikan bahwa ada konten kreator yang penghasilannya sudah puluhan juta perbulan, kemudian karena ada iming-iming investasi kripto dengan hasil besar, ia langsung ikut dan kena tipu.

Dalam hati langsung komentar, kalau saja dia sudah cukup dengan penghasilan puluhan juta tersebut dan mampu mengendalikan diri, tidak tergiur dengan iming-iming yang besar, mungkin penghasilannya aman.

Ternyata banyak, para pedagang sukses yang tergiur. Pedagang sukses, artinya memang yang sudah punya penghasilan lebih, tinggal mengendalikan diri memenejemen harta dengan baik.
 

2. Hindari keuntungan berlebihan

Hampir semua informasi yang didapat, baik informasi secara lisan maupun tulisan, dinyatakan bahwa untuk menghindari segala jenis penipuan jangan pernah tergiur hasil yang sangat besar.

Secara pribadi, kalau saya berpatokan pada bisnis, saham, dan emas. Bisnis membutuhkan perjuangan yang luar biasa. Di awal meniti bisnis, belum tentu modal yang disediakan bisa kembali 100%. Setelah bisa kembali pun, butuh waktu yang panjang untuk mengumpulkan omzet yang besar.

Begitu pula harga emas dan saham yang perusahaannya sehat, secara rata-rata terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, namun kenaikannya tetap logis.

 

3. Hindari memasang aplikasi sembarangan

Termasuk aplikasi yang sudah memiliki beberapa bukti legal, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), atau yang lain.
 

4. Cari informasi tentang pengembang investasi

Sebanyak-banyaknya. Baik lewat rekan, media sosial (cek di semua platform seperti X, Facebook, Reddit, Telegram, dll), cek website pengembang, baca ulasan-ulasan para pengguna, atau bahkan menghubungi kontak pengebang langsung. 

Baca Juga: Waspada Modus Penipuan Kripto “Pig Butchering”: Cara Kerja dan Tips Menghindarinya
 

5. Gunakan Google Alerts

Google Alerts dapat digunakan untuk memonitor proyek kripto. Ini akan memberi tahu pencari informasi tentang berita terbaru tentang proyek dan pengembang kripto.
 

6. Gunakan platform penyedia informasi berbasis kripto

Misalnya CoinMarketCap dan CoinGecko. Platform ini akan memberi informasi tentang harga koin dan data pemegang. Ini bisa membantu pencari informasi melihat proyek kripto yang berjalan secara baik.
 

7. Terus perbaharui informasi mengenai kripto

Belajar menjadi layaknya seorang peretas, dan lakukan diversifikasi investasi. Modus penipuan kripto terus berkembang dan berubah-ubah sehingga perlu dilakukan pembaharuan informasi.

Belajar dan berperan sebagai layaknya seorang peretas juga membuat lebih waspada dan hati-hati. Selain itu, tetap lakukan diversifikasi investasi. Jangan terlalu terobsesi dengan satu proyek khusus, karena itu dapat membawa pengalaman buruk.




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung