Pro-Kontra Mahasiswa Beasiswa Kerja Part-Time

Like

Penulis sendiri berusaha objektif dalam kebijakan kampus tersebut. Kebijakan tersebut akan lebih baik bila kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan baik mahasiswa penerima beasiswa maupun pihak kampus.

Pihak kampus merasa bahwa beasiswa merupakan dana segar yang digelontorkan kepada mahasiswa – mahasiswa.

Padahal tidak semua beasiswa berasal dari kampus banyak beasiswa yang tidak hanya berasal dari pemerintah melainkan sponsor-sponsor dari perusahaan swasta, yayasan-yayasan baik yayasan sosial maupun yayasan keagamaan bahkan ada sponsor atau donatur pribadi yang memberikan beasiswa.

Maka akan lebih baik jika mahasiswa penerima beasiswa tersebut memberikan timbal balik secara langsung kepada pemberi beasiswa itu sendiri.

Kampus sendiri merupakan institusi akademik yang fokus kepada pendidikan, penelitian dan pengabdian. Jika part time menjadi bagian dari tri dharma perguruan tinggi maka akan masuk ke mana.


Baca Juga: Dampak Postif Kerja Part Time untuk Mahasiswa Beasiswa

Kampus boleh saja menyarankan atau mewajibkan mahasiswa penerima beasiswa untuk melakukan pekerjaan part time. Jika part time tersebut mendukung mahasiswa untuk mempersiapkan dan membantunya dalam berkarir nanti maka penulis setuju.

Pihak kampus sejatinya tidak menjadikan kebijakan part time untuk mencari keuntungan selain uang dari mahasiswa. Kampus jangan sampai lupa dan mengabaikan nilai-nilai akademisinya.

Beberapa pekerjaan part time yang menurut penulis boleh dan mendukung kebijakan tersebut seperti mengelola perpustakaan baik perpustakaan jurusan, fakultas maupun universitas.

Contoh lainnya adalah memberdayakan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan kampus. Hal tersebut tentu saja memberikan dampak positif dan mahasiswa tidak merasa terbebani.





---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung