Makna Bendera Setengah Tiang 30 September, Catatan Hitam Sejarah Indonesia!

Like

Pada masa tersebut, negara Indonesia dipimpin oleh Presiden Soekarno. Secara singkat, kata kunci untuk memahami G30S PKI ini adalah kudeta.

Dalam KBBI (daring) memiliki arti perebutan kekuasaan (pemerintahan) dengan paksa. Kata kunci kedua adalah PKI yang merupakan salah satu partai terbesar saat itu dengan paham komunis dibawah kendali partai Stalin dari Uni Soviet (saat ini Rusia) dan Tiongkok.

Tokohnya yang terkenal sebagai dalang dari semua ini adalah DN Aidit. Kata kunci selanjutnya adalah penculikan dan lubang buaya. Penculikan dan pembunuhan secara keji terjadi pada tokoh-tokoh besar yang disebutkan di atas.

Baca Juga: Mengenang Peristiwa G30S PKI, Sejarah Kelam Bangsa Indonesia

Dikatakan keji dan tragis karena mayat para korban dibuang di lubang buaya, ditumpuk menjadi satu. Akibat peristiwa ini adalah keamanan negara terganggu, struktur pertahanan hancur serta terjadi ketidakstabilan politik secara berkepanjangan sehingga lengserlah presiden Soekarno dan digantikan oleh Jend. Besar H.M Soeharto.


Relevansi kejadian G30S PKI dengan keadaan saat ini, bahwa demokrasi itu sangat penting untuk dijaga dan dipertahankan begitu pula dengan HAM agar tidak terjadi penyalahgunaan kekuasaan. Kalau menurut be-emers apa lagi hal yang bisa diambil dari G30S PKI?

















---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung