Tips Sekali Lolos Ujian CPNS, Berikut yang Bisa Kamu Lakukan!

Like

Sering berlatih dan mencatat progres. Ini juga termasuk nasehat klasik tetapi efektif untuk meloloskan seleksi CPNS.

Baca soal dengan teliti dan perhatikan permintaan soal tersebut. Ini terutama soal-soal tentang wawasan kebangsaan. Soal-soal tersebut seolah memiliki pilihan jawaban yang hampir semuanya benar. Namun kembali lagi perhatikan permintaan soal tersebut itu apa dan fokus kemana. 

Cari cara cepat untuk mengerjakan soal. Ini terutama untuk soal intelegensia umum. Untuk soal jenis ini, harus dicermati dan cari cara yang cepat. Ini pun sangat klasik tetapi perlu latihan berulang-ulang. Sebagai contoh perkalian dan pembagian lebih kuat daripada pengurangan dan penjumlahan. 

Jangan terlalu mengacak mengerjakan soal. Terlalu mengacak mengerjakan soal, misal nomor satu lalu lompat ke nomor 35 lalu diulang lagi ke nomor dua, akan menghabiskan waktu. Jadi disarankan untuk mengerjakan soal secara berurutan, langsung dijawab, kalau ada sisa waktu soal-soal yang meragukan bisa dikerjakan ulang.

Baca Juga: Persiapkan Diri untuk Tes CPNS dengan Tips Berikut


Tempatkan diri sesuai peran yang diminta. Terutama untuk soal karakteristik pribadi, hampir sama dengan tes wawasan kebangsaan, yaitu hampir semua jawabannya benar. Untuk menghindari kesalahan menjawab di soal ini, tempatkan diri sesuai perannya. Peran seorang pemimpin harus menjadi pemimpin, peran seorang bawahan harus menjadi bawahan, dan sebagainya.

Manajemen waktu mengerjakan tes. Rata-rata soal tes CPNS diberi waktu di bawah atau maksimal satu menit setiap soalnya. Jadi, usahakan manajemen waktu.

Berdoa. Setelah semua hal di atas disempurnakan usahanya, belajar, belajar sesuai kisi-kisi, cermat dan teliti, hingga manajemen waktu, maka jangan lupa juga untuk berdoa.














---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung