Contoh Rencana Business Plan Startup Agar Usaha Kecil Bisa  Berkembang! 

Contoh Business Plan Startup (Format: pixabay.com)

Contoh Business Plan Startup (Format: pixabay.com)

Bergerak di bidang bisnis tentu juga harus diimbangi dengan usaha atau sikap yang tepat. Meskipun usaha yang kamu rintis memang kecil dan standar, namun siapa sangka jika satu waktu bisnismu dapat berkembang besar dan luas! Saat menyusun strategipun tidak masalah untuk mengikuti pola business startup. 

Para pelaku usaha harus selalu siap dengan perubahan yang terjadi karena teknologi berkembang sangat cepat. Maka dari itu, perkembangan yang dinamis ini harus diiringi dengan usaha yang jelas dan hindari menunda-nunda waktu.
 
Sebelum itu, kamu harus memiliki rencana dan daftar evaluasi agar bisnis yang dibangun dapat berkembang pesat serta bersaing. Salah satunya, memiliki business plan startup yang harus dimiliki sejak awal. Sehingga, kamu dapat mengetahui alur cashflow dan strategi dari bisnismu.

Sederet rencana dan evaluasi bisnis ini wajib dimiliki oleh para pelaku usaha, sehingga bisnis dapat berkembang. Yuk intip beberapa hal yang harus kamu perhatikan di bawah ini!


Nilai Jual Suatu Produk

Suatu perusahaan dapat memilih salah satu fokus yang ingin dicapai, seperti barang atau jasa. Dalam hal ini, kamu harus bisa menilai produk yang ditawarkan memiliki nilai jual di masyarakat atau tidak.

Tidak lupa untuk memiliki ciri khas atau keunikan agar bisnis kamu dapat dilirik oleh target pasar. Akan tetapi, tidak perlu khawatir bila beberapa kompetitor memiliki produk yang hampir sama dengan yang kamu tawarkan.

Oleh sebab itu, para pelaku usaha harus melakukan riset sederhana terkait produk yang dimiliki dan para pesaing. Hal ini bertujuan agar kamu dapat menentukan layanan atau fitur yang berbeda daripada para kompetitor.

Contoh business plan startup ini juga mengarahkan agar produk kamu lebih memiliki nilai jual. Setelah itu, pastikan menonjolkan layanan yang berbeda ke khalayak ramai agar semakin dikenal banyak orang.


Adanya Permintaan Pasar

Hal yang wajib kamu ketahui saat memulai bisnis adalah berangkat dari suatu produk yang memiliki pasar. Nah, kamu wajib nih identifikasi dengan baik apa kebutuhan pasar.

Tentu kamu sudah tahu bahwa suatu produk akan dikatakan laku bila diminati oleh banyak orang. Bisnis dapat dikatakan berhasil bila dapat menjawab permintaan pasar, sehingga perusahaan memperoleh keuntungan.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah perusahaan harus menciptakan suatu pasar agar produk yang ditawarkan dapat dijual. Oleh sebab itu, poin ini sangat relevan dengan poin pertama dimana suatu produk wajib memiliki  ciri khas agar dilirik pembeli.

Pastikan bahwa konsumen nyaman dan puas dengan produk yang kamu tawarkan, sehingga permintaan akan terus meningkat. Biasanya ini dikenal dengan Word of Mouth. Nah, biasanya produk yang mendapat rekomendasi atau dijadikan referensi dalam pasarnya, sudah pasti menjadi incaran dan laku dalam pasaran.

Ini adalah strategi yang sangat jitu, maka dari itu selalu perhatikan konsumen dan kualitas dari produkmu. Setelah memiliki nilai jual, contoh business plan startup ini juga berhasil untuk menciptakan pasarnya sendiri. Suatu bisnis tentu tidak akan berkembang bila tidak memiliki pasar dan permintaan untuk produk yang ditawarkan.


Riset

Telah disebutkan sebelumnya bahwa penting untuk melakukan riset mengenai produk dan target pasar. Implikasinya sangat panjang, yaitu pada harga, kualitas produk, kebutuhan customer, dan permintaan yang masuk.

Selain itu, kamu juga dapat menentukan strategi marketing yang dibutuhkan agar produk dapat dikenal oleh masyarakat. Paling sederhananya dengan memiliki website, punya website akan lebih memudahkan kamu melihat pola pembeli kamu dan memasarkan produkmu. 

Bagaimana jika tidak? Sederhana saja, kamu bisa menggunakan marketplace atau yang dikenal dengan E-commerce. Nah untuk tahu lebih lanjut, kamu bisa simak tips dari bagaimana memulai bisnis online dari nol untuk meningkatkan peluang usahamu.


Eksekusi

Suatu rencana tidak akan berhasil bila tidak diimbangi dengan eksekusi yang tepat. Hal yang sering dihadapi ialah banyak orang yang takut untuk menjalankan gagasan karena khawatir gagal. Jangan tunggu kamu menyesal suatu saat nanti karena tidak mengambil langkah untuk mencoba. 

Menurut para milioner, hal yang membuat mereka sukses adalah berani mengambil keputusan dan terus bergerak maju. Tidak hanya itu, poin keempat dari contoh business plan startup ini juga penting saat kamu memiliki inovasi baru untuk perusahaan atau bisnis kecil kamu. 

Menjadi seorang pelaku bisnis tentu tidak mudah, tetapi menjadi suatu pekerjaan yang sangat menjanjikan dan pasti menyenangkan. Saat ini masyarakat semakin konsumtif, sehingga ini memberikan kamu peluang terhadap target pasar yang sangat luas. Tergantung siapa target marketmu dan seberapa kuat nilai dan kualitas produkmu. 

Nah, ini dia contoh business plan startup untuk usaha kecil yang wajib dijalankan dengan baik. Mulai dari menentukan nilai jual produk, permintaan pasar, lakukan riset sederhana, dan waktunya eksekusi dengan lawan rasa takut kamu. Simak  berbagai peluang usaha lainnya di Bisnis Muda. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Yuk, jangan sampai nyesal di kemudian hari!