Kripto Sebagai Mata Uang Global, Ini yang Perlu Diperhatikan!

Like

Volatilitas Harga

Penurunan dan kenaikan aset kripto dibandingkan mata uang fiat yang sangat tinggi menjadikan nilai mata uang kripto belum bisa stabil.

Hal ini juga menjadikan sebagian besar orang saat ini menjadikan mata uang kripto sebagai alat investasi atau lebih buruk sebagai alat spekulasi.

Sebagai alat pembayaran, seharusnya nilai mata uang kripto bisa sestabil mungkin. Namun, karena belum bisa maka penggunaannya sebagai alat pembayaran masih sangat kurang.

Baca Juga: Potensi Kripto sebagai Mata Uang Global, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Ketergantungan terhadap Teknologi

Mata uang kripto berjalan secara cloud dengan menggunakan internet sebagai penghubungnya. Hal ini menjadikan pada kondisi ekstrem ketika internet sulit atau bahkan listrik tidak ada mata uang kripto akan menjadi bermasalah.


Selain mata uang kripto, masalah ini juga dihadapi oleh bangsa dan negara yang sebagian besarnya sudah beralih ke dompet digital.

Sehingga penggunaan mata uang fiat lebih khusunya yang berbentuk fisik masih sangat penting.

Kekurangan lainnya yang bisa saja menjadi penghambat realisasi mata uang kripto sebagai alat pembayaran global adalah skalabilitas serta keamanan data.

Mata uang kripto masih sangat muda dibandingkan dengan mata uang fiat yang telah lama ada sehingga masih perlu inovasi lagi untuk mengatasi permasalahan-permasalahannya dan menjadikannya mature.

 

Bagaimana pendapat kalian? Apa mau menggunakan kripto sebagai alat pembayaran?

Fyi, salah satu aplikasi di Indonesia pernah menjadikan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, sistemnya bukan membayar menggunakan kripto secara langsung antar orang, tetapi kripto kita dikonversi menjadi rupiah, lalu rupiah tersebut baru ditransferkan ke rekenenig penerima.













---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung