Punya Pacar NPD? Begini Cara Terbaik Melepaskannya

Like

Cara Lepas dari Pasangan NPD (Narcissistic Personality Disorder)

1. Teguhkan Hati Untuk Memutuskan Hubungan

Memutuskan hubungan dengan seseorang yang memiliki NPD lebih sulit dibandingkan dengan hubungan pada umumnya. Karena, kelihatannya dalam mempermainkan pikiran dan perasaan sehingga membuat pasangannya kerap merasa bersalah. Karena itulah butuh tekad kuat untuk memutuskan hubungan.
 

2. Yakin Bahwa Ia Tidak Bisa Berubah

Hal yang membuat seseorang sulit lepas atau putus hubungan adalah adanya harapan, "ia akan berubah." Karena itu penting untuk menyadari bahwa perubahan pada seseorang dengan gangguan NPD sangat kecil.
 

3. Berhenti Memahami Efek dari Perilakunya

Pasangan NPD sering membuat orang lain, terlebih pasangan merasa bersalah dan bertanggung jawab atas semua yang terjadi. 

Semakin memahami mengapa ia bersikap demikian, maka akan semakin sulit lepas dari hubungan menyakitkan ini. 

Maka, fokuslah pada tujuan untuk bisa lepas dari hubungan toxic tersebut.

Baca Juga: Apa itu NPD dan Bagaimana Cirinya?
 

4. Jangan Berpikir Kamu Jahat

Kemaluan seseorang dengan gangguan NPD adalah playing victim sehingga sangat mungkin kamu akan merasa bersalah dan menjadi seseorang yang jahat terhadap pasangan. Namun, ketahuilah bahwa ia memang pandai memutarbalikkan fakta. 

 

5. Menyadari Kesalahan Tetapi Tidak Menjadikannya Kelemahan

Dalam hubungan tersebut sangat mungkin kamu akan merasa melakukan kesalahan. Namun, yang penting jangan menganggap kesalahan tersebut sebagai kelemahan.

Cukup menyadari bahwa kesalahan adalah bagian dari proses penyembuhan dan jadikan kesalahan sebagai bahan pelajaran berharga untuk membuat keputusan yang lebih baik di masa depan.

Be-emers, lepas dari hubungan dengan pasangan NPD membutuhkan kekuatan dan keberanian. Prosesnya mungkin akan sulit tetapi percayalah bahwa dengan menetapkan hati, menyadari bahwa perubahan pada pasangan tidak mungkin dan fokus pada penyembuhan diri, InsyaAllah kamu dapat melepaskan diri dari hubungan yang menyakitkan ini. Ingatlah bahwa kebahagiaanmu itu penting dan itu adalah prioritas utama.


#Mon-FridayChallengeOktober





---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung