Cegah Penyakit Kronis Lewat Baca Komposisi Makanan

Dalam makanan olahan biasanya mengandung gula, garam, dan lemak dalam jumlah yang tinggi. Sumber gambar freepik.com

Dalam makanan olahan biasanya mengandung gula, garam, dan lemak dalam jumlah yang tinggi. Sumber gambar freepik.com

Like
Siapa di antara Be-emers yang asal pilih makanan dan minuman tanpa membaca komposisi di label kemasan? 
 
Benar, kebanyakan dari kita tak memperhatikan, tetapi kita bisa mengubah kebiasaan buruk itu mulai dari sekarang. Karena apa yang terkandung di dalam makanan dan minuman sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. 
 
 

Pentingnya Membaca Informasi Label Makanan: 


Perlu diketahui, bahwa apa yang tertulis dalam label itu mempunyai maksud dan tujuan yaitu;

1. Mengetahui bahan-bahan produk makanan atau minuman

Kita sebagai konsumen yang bijak, harus mengetahui dari bahan apa makanan dan minuman yang kita konsumsi. Apakah bahan-bahan tersebut sehat, halal atau tidak? 
 

2. Memastikan kandungan nutrisi

Di dalam label, biasanya dicantumkan mengenai informasi gizi, dari sinilah kita akan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Seperti kandungan nutrisi dalam produk, seperti jumlah kalori, lemak, protein, karbohidrat, serta vitamin dan mineral. Sehingga kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. 
 

3. Mengontrol asupan gula, garam, dan lemak

Dalam makanan olahan biasanya mengandung gula, garam, dan lemak dalam jumlah yang tinggi. Jika membaca label kita bisa mengontrol dan memilih untuk tidak mengkonsumsi jika bahan-bahan ini berlebihan jumlahnya.

4. Membantu dalam program diet

Bagi yang sedang menjalani program diet, membaca label kemasan dapat membantu menghitung kalori dan menyesuaikan pilihan makanan dengan kebutuhan diet tertentu, seperti diet rendah karbohidrat, rendah lemak, atau bebas gluten.
 
 

5. Mendeteksi tanggal kedaluwarsa

Dengan membaca label kita bisa mengetahui tanggal kedaluwarsa. Sehingga kita bisa memastikan produk yang kita konsumsi masih aman dan layak.
 
 

6. Menghindari produk yang mengandung alergen

Bagi sebagian orang ada yang alergi terhadap bahan makanan tertentu. Namun, dengan membaca label, konsumen dapat memastikan bahwa produk tersebut aman untuk ia konsumsi.
 
 

7. Mengetahui Legalitas Produk

Dengan membaca label kita dapat mengetahui legalitas produk. Apakah produk tersebut mempunyai ijin edar, ber-BPOM, alamat produsen dll.