Cegah Penyakit Kronis Lewat Baca Komposisi Makanan

Like

Bahaya Makanan Kemasan

Be-emers, pada dasarnya makanan olahan bukanlah makanan sehat sehingga asupannya perlu dibatasi. Di samping itu, makanan-makanan tersebut kerap mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh, seperti:

1. Sirup jagung fruktosa tinggi

Sirup jagung fruktosa tinggi (High Fructose Corn Syrup atau HFCS) adalah pemanis buatan yang banyak digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman olahan. Sirup ini dibuat dari pati jagung yang dipecah menjadi glukosa dan kemudian diubah menjadi fruktosa melalui proses enzimatis. 
 

2. Pemanis Buatan

Aspartame, sakarin, dan sukralosa adalah pemanis buatan yang memberikan dampak buruk lebih banyak daripada manfaatnya. 


3. MSG

Kita tentu tidak asing dengan zat ini. Meskipun memberikan efek nikmat di lidah karena membuat makanan terasa lebih kuat dan guruh, tetapi sesungguhnya zat tersebut berbahaya untuk tubuh kita. 


4. Zat Pewarna Makanan

Melihat makanan beraneka warna memang cenderung menggoda tetapi zat ini juga berbahaya bagi tubuh

Karena beberapa pewarna buatan, seperti warna biru 1 dan 2, hijau 3, merah 3 dan kuning 6, berkaitan erat dengan masalah kesehatan. 

Disinyalir zat pewarna tersebut dapat menyebabkan penyakit seperti kanker tiroid, adrenal, kandung kemih, ginjal dan otak. 

Baca Juga: Bikin Anak Senang, Nutrisi Tetap Terjaga! Tips Memilih Snack Sehat yang Disukai Anak

 

5. Pengawet Buatan

Tidak sedikit makanan yang mengandung pengawet buatan ini. Tidak heran jika makanan bisa bertahan sampai tahunan. Namun, pengawet buatan seperti natrium benzoat dan kalium berbahaya.

Karena, jika dikombinasikan dengan asam askorbat (vitamin C), pengawet buatan ini dapat berubah menjadi benzena. Zat inilah yang bisa meningkatkan risiko kanker. 
 

6. Lemak Trans Buatan

Lemak trans buatan adalah jenis lemak yang diciptakan melalui proses yang disebut hidrogenasi parsial. Proses ini mengubah minyak nabati cair menjadi bentuk yang lebih padat pada suhu kamar, dengan tujuan meningkatkan daya tahan produk makanan dan memperbaiki tekstur.

Lemak trans banyak ditemukan pada margarin, makanan yang digoreng, makanan ringan kemasan, dan produk roti.

Be-emers, membaca komposisi yang ada peda label makanan, sepertinya banyak makanan tidak sehat yang sering kita konsumsi. Namun, setelah mengetahui zat-zat yang berbahaya yang mengancam kesehatan, pada akhirnya kita bisa membuat keputusan bijak bagaimana sebaiknya.

Apakah terus mengkonsumsi makanan tersebut atau tidak. Bagaimana pun juga, pilihan kembali pada setiap pribadi masing-masing. Namun, pola hidup sehat dengan tidak mengkonsumsi makanan tidak sehat kita bisa mencegah penyakit datang lebih awal. Salam sehat! 

#Mon-FridayChallengeOktober








---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung