Unpaid Internship, Menguntungkan Enggak sih?

Sebelum memerima tawaran unpaid internship, kamu perlu memerhatikan hal berikut (Foto Freepik.com)

Sebelum memerima tawaran unpaid internship, kamu perlu memerhatikan hal berikut (Foto Freepik.com)

Like

Penginnya setelah selesai kuliah, atau jelang wisuda, kita dapat internship.  Intership itu sungguh pengalaman bekerja sebelum masuk dunia kerja.

Tapi jika internship secara offline dan tidak dibiayar sama sekali, tidak da[at uang transpor maupun makan. Agaknya nggak worth yah.
 

Apa itu Unpaid Internship?

Unpaid internship adalah program magang di mana peserta tidak menerima gaji atau kompensasi finansial. Biasanya, magang ini ditawarkan oleh perusahaan untuk memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa atau lulusan baru.

Meskipun tidak dibayar, magang ini dapat membantau membangun jaringan dan meningkatkan keterampilan.

Baca Juga: Dapat Tawaran Unpaid Internship, Ini yang Mesti Kamu Pertimbangkan!


Hukum Unpaid Internship

Secara legal, UU Ketenagakerjaan Pasal 22 ayat 2  memberikan hak peserta magang  uang saku, uang transport, juga mendapatkan jaminan sosial dan sertifikat jika sudah lulus. Jadi unpaud intership bertentangan dengan UU ketenagakerjaan


Di banyak negara, ada regulasi mengenai unpaid internship. Untuk dianggap legal, magang harus memberikan pengalaman belajar yang signifikan dan tidak mengambil alih pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh karyawan tetap.

Di Indonesia, penting untuk memastikan bahwa magang tersebut memenuhi syarat yang ditetapkan agar tidak melanggar hukum ketenagakerjaan.