Berinvestasi dengan Modal Minim: Gimana Caranya Supaya Cuan?

Berinvestasi dengan modal minim, bagaimana caranya? (Foto freepik.com)

Berinvestasi dengan modal minim, bagaimana caranya? (Foto freepik.com)

Like
Berinvestasi sering kali dianggap sebagai aktivitas yang memerlukan modal besar. Namun, sebenarnya, Anda bisa mulai berinvestasi meskipun dengan modal minim.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu investasi, jenis investasi modal kecil, aplikasi untuk investasi, serta tips untuk memaksimalkan cuan.
 

Apa Itu Investasi?

Rangkaian kegiatan untuk menanamkan uang yang kita miliki dengan harapan agar uang itu bertambah sehingga dapat hasil untuk masa depan.

Dengan berinvestasi, uang Anda bisa berkembang, bukan hanya disimpan di bank. Ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih, tergantung pada tujuan dan risiko yang ingin diambil.
 

Jenis Investasi Modal Kecil

  1. Reksa Dana: Reksa dana adalah salah satu cara mengumpulkan uang masyarakat dan dana itu ditanamkan ke instrument keuangan. Anda bisa memulai investasi reksa dana dengan modal mulai dari ratusan ribu rupiah.
  2. Saham: Investasi saham juga bisa dimulai dengan modal kecil. Beberapa platform memungkinkan Anda untuk membeli saham dalam pecahan, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang.
  3. Peer-to-Peer Lending (P2P): Melalui P2P lending, Anda bisa meminjamkan uang kepada individu atau usaha kecil dan mendapatkan imbal hasil dari bunga. Beberapa platform memungkinkan investasi mulai dari Rp100.000.


Aplikasi untuk Investasi

Ada berbagai aplikasi yang memudahkan Anda berinvestasi dengan modal kecil, antara lain:
  • Bareksa: Aplikasi ini menawarkan beragam produk reksa dana dengan informasi lengkap. Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp10.000.
  • Bibit:  Aplikasi yang menawarkan investasi kecil dengan fitur robo-advisor, Anda bisa mendapatkan rekomendasi investasi sesuai profil risiko.
  • Ajaib: Ajaib memudahkan investasi saham dan reksa dana. Dengan tampilan yang user-friendly, Anda bisa mulai investasi dengan modal kecil.