3 Cara Mencegah Terjadinya Doom Spending

Like

Bahaya banget ya kalau doom spending dibiarkan begitu saja tanpa ada solusi nyata. Bisa-bisa pengeluaran kian membengkak dan malah jadi tidak punya tabungan. Gimana kalau kedepannya cari uang makin susah dan ada potensi kena PHK juga? Makin over thinking deh pastinya. 

Dari pada jadi over thinking, alangkah baiknya cari solusi buat mencegah perilaku doom spending, sebagai berikut : 

Ubah Kebiasaan pada Media Sosial 

Kurangi penggunaan social media, jika perlu melakukan puasa social media. Misal dengan meng-uninstall aplikasi sosial media beberapa waktu lalu. Jika belum bisa melakukan hal tersebut, setidaknya mulai batasi diri untuk tidak setiap waktu melakukan pengecekan pada social media dengan alasan apapun. 

Berani tegas pada diri sendiri untuk kurangi konsumsi berita dan scrolling via social media. Coba sibukkan diri dengan membaca buku fisik, melakukan olahraga ataupun terlibat diskusi secara offline dengan sahabat/keluarga ataupun teman.

Baca Juga: Doom Spending: Ancaman Baru Bagi Keuangan Generasi Z dan Milenial

 

Kurangi Penggunaan Marketplace 

Zaman sekarang, keberadaan marketplace sangat memudahkan seseorang untuk melakukan implusif buying. Semakin banyak aplikasi marketplace yang terinstall di HP, maka semakin banyak potensi melakukan check out yang berujung pada pemborosan. 


Coba, pilih satu saja marketplace yang sekiranya worth it untuk tetap ada. Dengan begitu, potensi buat kalap di momen tertentu semakin berkurang. Jangan biasakan terisi saldo, supaya saat akan check out prosesnya terasa lumayan ribet dan bikin males buat belanja berlebihan. 
 

Punya Skala Prioritas untuk Mempersiapkan Finansial Masa Depan

Saat memiliki atau mempunyai skala prioritas finansial masa depan, maka seseorang akan lebih bijaksana menggunakan uang yang diperoleh dan dimiliki olehnya.

Tidak sembarangan membelanjakan secara membabi buta karena bertambah angka pada rekening tabungan, terasa lebih nyata bahagianya.

Apalagi saat wishlist bisa segera terwujud melalui proses menabung, pastinya lebih bisa bikin diri menghargai uang yang telah dihasilkan. 

Semoga saja sobat semakin memahami bahaya dari doom spending dan tau cara mengatasi dan menghindarkan diri dari perilaku doom spending. Have a great day. 














---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung