Aktivitas Santai Bernilai Kreativitas Karantina Mandiri Saat Pandemi Covid-19

Kreativitas Dirumah Saja (Sumber Gambar: Milik Pribadi)

Kreativitas Dirumah Saja (Sumber Gambar: Milik Pribadi)

Pandemi Covid-19 ini seakan tak akan berujung. Semakin hari, semakin bertambah pasien yang psitif Covid-19. Sudah Berbulan-bulan tidak ada penyelesaian yang benar-benar bisa mengakhiri wabah covid-19 ini. Walaupun sudah banyak upaya-upaya yang telah dilakukan baik oleh pihak Pemerintah maupun oleh masyarakat itu sendiri.

Dengan kondisi seperti pandemi covid-19 ini maka berdampak pada ke segala aspek dalam kehidupan sehari-hari kita.

Terutama, para pekerja yang dirumahkan dan para pekerja yang bidang pekerjaannya berhubungan dengan khalayak ramai serta bagi para Pelajar, baik Pelajar Sekolah maupun Pelajar Mahasiswa yang masih melaksanakan pembelajaran dirumah secara daring yang dimana jam pembelajarannya pun juga tergolong jauh berbeda dengan pembelajaran saat sebelum pendemi Covid-19, lebih-lebih kegiatan sehari-hari lebih banyak santai dirumah, yang dikarenakan kita untuk mengkarantina diri agar tidak tertular dengan pasien yang positif Covid-19.

Dalam situasi dan kondisi seperti demikian, maka ada baiknya kita mengisi aktivitas kita dengan kegiatan-kegiatan yang kreatif, bahkan dari kreativitas kita juga tentunya dapat menghasilkan sebuah seni bahkan juga bisa menghasilkan uang selama pandemi Covid-19.

Bagi Anda yang sedang melaksanakan karantina mandiri dirumah masing-masing, ada beberapa kreativitas yang dapat dilakukan dirumah sesambil mengisi kekosongan waktu kita yang terlalu luang dalam keseharian kita selama pandemi Covid-19 ini, Berikut Kreativitas yang dapat dilakukan berdasarkan pengalaman pribadi saya:
 
1. MEMBUAT MAKANAN

Iya, membuat makanan bisa menjadi alternatif kegiatan kita dirumah, karena membuat makanan terbilang aktivitas yang santai. Makanan yang bisa dibuat seperti membuat kue seperti kue Bolu, kue Pastel, Kue Bawang, Risoles, dll.

Atau bahkan bisa juga membuat keripik seperti Keripik Singkong, Keripik Ubi Jalar, Keripik Kelakai, Keripik Ikan Saluang, dll. Dimana bahan tersebut mudah didapat dan tergolong murah serta ada yang gratis seperti keripik dari dedaunan.

Ya, hanya bermodal minyak goreng, kompor gas, tepung dan beberapa bumbu penyedap. Keuntungan dari kreativitas ini bisa untuk cemilan atau tambahan lauk makan sehari-hari, dan bisa juga untuk dijual, ngitung-ngitung bisa menambah penghasilan dimasa Pandemi Covid-19.

2. MENJADI PENULIS

Dengan Situasi Pandemi Covid-19 seperti saat ini, kita tentunya akan lebih sering berada dirumah, alangkah baik nya untuk mengisi aktivitas dengan menulis sebuah artikel ataupun novel.

Kemudian, kita share atau upload ke beberapa website yang membuka kesempatan untuk menjadi konstribusi di kanal website mereka, dengan begitu kita akan mendapat uang dari hasil menulis artikel kita atau bisa juga untuk mengisi website atau blog kita sendiri. Secara tak sadar selama Pndemi Covid-19 ini kita telah banyak menulis artikel, novel, dll.

3. MEMBUAT KARYA KERAJINAN TANGAN

Kreativitas dirumah saat ini tak hanya menjadi sebuah himbauan dan peraturan dalam protokol kesehatan Covid-19, namun jua menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan selagi memiliki waktu luang dirumah, kita bisa iseng-iseng membuat kerajinan-kerajinan tangan apa saja yang bisa kita buat dirumah.

Hasil dari kerajinan tangan tersebut tak hanya bisa dijadikan hiasan dirumah, tetapi sekaligus bisa untuk dijual secara online. Kerajinan tangan ada banyak sekali, beberapa diantaranya, seperti; gantungan kunci yang bisa terbuat dari bahan apa saja, pernak-pernik, kerajinan kain flanel, kerajinan dari rotan, kerajinan dari barang bekas, kerajinan getah nyatu, dll.

4. BERCOCOK TANAM DI PEKARANGAN RUMAH

Berhubung aktivitas lebih banyak di sekitar rumah, pilihan lainnya bisa melakukan aktivitas menanam buah, sayur ataupun beternak. Menanam buah di sekitar pekarangan rumah saat ini bukanlah hal yang asing, namun sudah menjadi hal biasa.

Namun, dimasa Pandemi Covid-19 seperti ini sangat diperlukan bercocok tanam di sekitar pekarangan rumah untuk ketahanan pangan keluarga Indonesia serta juga bisa untuk dijual, ngitung-ngitung bisa nambah-nambah penghasilan selama sedang karantina mandiri dirumah.

5. MEMBUAT VIDEO
Seperti yang kita ketahui di zaman seperti sekarang ini banyak sekali orang yang membuat video, ada yang untuk konsumsi sendiri dan adapula yang memang untuk di upload hingga mendapatkan uang seperi halnya di Youtube.

Memang jika upload video agar bisa mendapatkan bayaran itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, namun jika kita membuat video dalam situasi karantina Pandemi Covid-19 ini secara tak sadar syarat-syarat tersebut terpenuhi.

Karena, kebanyakan syarat yang harus dipenuhi seperti; jumlah subscriber, viewer, like, dll. Untuk videonya sendiri yang bisa dilakukan saat dalam karantina mandiri ialah seperti video tutorial, tips, memasak, vlog keseharian selama karantina, menanam disekitar rumah, dll. Yang pada intinya membuat video yang bisa dilakukan disekitar tempat tinggal kita.

Dan masih banyak lagi aktivitas yang bernilai kreativitas yang bisa dilakukan selama karantina mandiri saat Pandemi Covid-19. Nah, Kesimpulannya adalah walaupun kita berada dirumah, kita tetap bisa melakukan apasaja yang bisa kita lakukan semua aktivitas yang bernilai kreativitas dan bahkan bisa sekaligus menghasilkan uang.

Jadi, tidak akan ada hambatan selama kita memiliki kemauan.