Dollar Cost Averaging, Investasi dengan Model Apa sih Itu?

Like

Apa yang Perlu diperhatikan dalam Menerapkan DCA?

Selayaknya suatu investasi pada umumnya, investor tetap harus memiliki tujuan keuangan yang jelas seperti untuk jangka menengah atau panjang, memiliki kemauan untuk menganalisis secara sederhana aset yang akan dibeli, serta uang dingin.

Meskipun saya menyebut cara "bodoh" tetap harus ada analisis yang dilakukan terutama untuk menetapkan aset apa yang akan dibeli. Secara sederhana, pastikan aset yang akan dibeli merupakan aset yang diproyeksikan memiliki ketahanan dalam waktu yang panjang.

Atau bisa juga dengan melihat aset-aset apa saja yang performanya baik dalam beberapa waktu seperti kalau di saham bisa dicek melalui saham-saham yang tergabung dalam indeks tertentu.

Terakhir, meskipun saya menyebut DCA adalah cara "bodoh" sebenarnya DCA adalah cara sederhana yang cukup praktis dan efektif.

DCA bisa diibaratkan menabung biasa tetapi yang ditabung bukanlah uang melainkan aset yang bisa bertumbuh seiting waktu.


Semoga bermanfaat, kritik dan saran bisa dituliskan lewat kolom komentar.

Selamat beraktivitas, sehat dan bahagia selalu.













---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung